Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Medcom.id/Zam)
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: Medcom.id/Zam)

Shin Sebut Postur Pemain Timnas U-19 Kurang Ideal untuk Arungi Piala Dunia U-20

Kautsar Halim • 20 Juli 2022 19:27
Jakarta: Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebutkan bahwa postur para pemainnya kurang ideal untuk mengarungi Piala Dunia U-20 tahun depan. Bahkan menurutnya, timnas U-19 perlu tambahan pemain naturalisasi untuk menutupi kekurangan itu. 
 
Seperti diketahui, timnas U-19 gagal bersaing di Piala AFF 2022 karena langsung gugur di fase grup. Mereka hanya mampu finis ketiga di klasemen akhir Grup A dan merelakan Thailand serta Vietnam yang melaju ke semifinal.
 
"Khusus untuk timnas U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi," kata Shin dalam rapat evaluasi timnas U-19 bersama PSSI, Rabu (20/7/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," tambah pria asal Korea Selatan itu.
 
Shin lantas menjelaskan lebih detail bahwa timnas U-19 masih punya kekurangan dalam posisi stopper, bek sayap, pengatur serangan (pelapis Marselino Ferdinan) dan gelandang bertahan. Selain itu, postur para pemain Garuda Nusantara dinilainya kurang besar.
 
"Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di Piala Dunia U-20, kita akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru, termasuk pemain naturalisasi," ujar pria asal Korea Selatan tersebut dalam situs resmi PSSI.
 
Meski demikian, Shin menilai para pemain timnas U-19 sudah mengalami peningkatan dalam segi mentalitas bertanding. Dia pun ingin kepercayaan diri itu tetap dijaga karena Indonesia akan menghadapi tim-tim kuat dari Eropa, Amerika Latin, maupun Asia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.
 
"Saya harus akui kepercayaan diri tim ini pada awalnya kurang, termasuk mentalitas ketika menghadapi tim-tim besar. Tetapi perlahan, pemain mulai bisa mengatasi masalah ini. Anda lihat di Piala AFF, mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," tutup pelatih berusia 52 tahun itu.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif