Manuel Locatelli (kanan)-Foto: AFP/RICCARDO ANTIMIANI
Manuel Locatelli (kanan)-Foto: AFP/RICCARDO ANTIMIANI

Euro 2020

Euro 2020: Gebuk Swiss 3-0, Italia Lolos ke 16 Besar

Olahraga sepak bola liga dunia Timnas Italia Timnas Swiss Euro 2020
Medcom • 17 Juni 2021 05:02
Jakarta: Timnas Italia Glli Azzurri menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020 usai menyudahi matchday ke -2 di Grup A dengan kemenangan telak 3-0 kontra Swiss di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis 17 Juni, dini hari Waktu Indonesia Barat. Ketiga gol Italia dicetak Manuel Locatelli menit 24, 52 dan Ciro Immobile 89'.
 
Kemenangan tersebut membuat Italia lolos ke babak 16 besar. Karena dengan poin 6 dari dua kemenangan yang sudah diraih anak asuh Roberto Mancini, Italia, dipastikan lolos minimal sebagai runner up grup.
 
Italia menurunkan pemain yang sebagian besar diturunkan saat mengalahkan Turki 3-0. Hanya Giovanni Di Lorenzo menggantikan posisi Alessandro Florenzi yang mengalami cedera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai tuan rumah, Gli Azzuri Italia langsung tampil dominan sejak awal laga. Pada menit ke-10, Italia membuka peluang emas melalui Leonardo Spinazzola yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Swiss. Umpan matangnya gagal dimanfaatkan sundulan Immobile yang masih melebar.
 
Gol Italia pada menit ke-19 lewat El Capitano Giorgio Chiellini harus dianulir. Pasalnya sepakan penggawa Juventus itu yang menerima umpan sepak pojok Insigne harus ditinjau lagi melalui VAR, Hasilnya, Chiellini dalam posisi offside. saat menyambut bola korner Lorenzo Insigne.
 
Tak lama berselang, Roberto Mancini menarik keluar Chiellini karena mengalami cedera dan digantikan Francesco Acerbi.
 
Italia akhirnya membuka keran golnya di menit ke-26 melalui Manuel Locatelli yang menerima assist Domenico Berardi dari sisi kanan pertahanan Swiss.
 
Unggul 1-0, Leonardo Bonnuci dan kawan-kawan terus menekan Swiss meski sudah unggul 1-0. Swiss yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang lolos sulit keluar dari tekanan.
 
Peluang didapat Immobile di menit 34. Sayang tembakan keras Immobile masih bisa ditepis kiper Swiss Yann Sommer. Pada menit ke-37. Hingga turun minum, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Italia.
 
Babak kedua, tuan rumah Italia terus mendominasi dan mengendalikan permainan. Swiss masih sulit keluar dari tekanan pasukan Roma.
 
Hasilnya, Locatelli sukses mencetak gol keduanya di laga tersebut di menit 52. Sepakannya dari luar kotak penalti usai menerima umpan Nicolo Barella sukses menembus pojok kiri gawang Yann Sommer.
 
Tertinggal dua gol, menit 60-an Swiss yang mulai meningkatkan serangan saat Italia berusaha mempertahankan keunggulan mendapat peluang dari Xherdan Shaqiri. Sayang sepakan kerasnya masih bisa ditepis Donnarumma. Pun begitu dengan peluang Steven Zuber beberapa saat kemudian.
 
Federico Chiesa yang masuk menggantikan Insigne di menit ke-70 mendapat peluang pertamanya usai melewati lini belakang Swiss dengan gocekannya. Tembakan Chiesa dari sisi kiri masih jauh dari gawang Sommer.
 
Italia akhirnya mencetak gol ketiganya melalui Immobile di menit 89. Tembakan keras Immo dari depan kotal penalti gagal dihalau Sommer.
 
Skor 3-0 tetap bertahan hingga wasit Sergei Karasev dari Rusia meniup peluit panjang.
 
Kemenangan ini membuat Italia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Dengan poin 6 usai menang di dua laga, apapun hasilnya melawan Wales pada laga terakhir nanti tak lagi mempengaruhi langkah mereka.
 
Susunan pemain kedua kesebelasan:
 
Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.
 
Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Fabian Schar, Manuel Akanji; Kevin Mbabu, Remo Freuler, Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo
 
Video: Update Kondisi Christian Eriksen

 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif