Mural gol tangan tuhan Diego Maradona. (JUAN MABROMATA / AFP)
Mural gol tangan tuhan Diego Maradona. (JUAN MABROMATA / AFP)

Eks Gelandang Timnas Inggris Memaafkan Gol Tangan Tuhan Maradona

Olahraga timnas inggris Diego Maradona
Kautsar Halim • 26 November 2020 16:13
Jakarta: Mantan gelandang timnas Inggris Trevor Steven mengatakan bahwa dirinya bakal melupakan luka atas gol tangan tuhan Diego Maradona pada Piala Dunia 1986. Kini, dia lebih memilih mengenang prestasi Maradona ketimbang lahirnya gol menyesakkan pada 34 tahun silam tersebut.
 
Maradona meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung di rumahnya yang berada di pinggiran Buenos Aires pada Rabu 25 November 2020. Itu terjadi ketika ulang tahunnya yang ke-60 kurang dari satu bulan lagi.
 
34 tahun silam, Argentina sukses menyingkirkan Inggris dari perempat final Piala Dunia Meksiko karena Maradona mencetak dua gol paling ikonik dalam sejarah sepak bola. Menariknya lagi, sepasang gol tersebut tercipta dalam kurun waktu empat menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gol pertamanya dijuluki sebagai gol tangan tuhan karena dilakukan Maradona yang bertubuh mungil sambil melompat dan meninju bola di depan kiper Inggris Peter Shilton. Alhasil, bola mampu masuk ke gawang yang sudah tidak terjaga.
 
Gol kedua Maradona berasal dari hasil pergerakan tak terduga dengan berlari seorang diri dan melewati separuh penggawa timnas Inggris. Gol aksi individu itu lantas dikenal sebagai Goal of the Century atau Gol Abad Ini.
 
"Dia mencetak gol paling terkenal dalam sejarah sepak bola dunia dan juga gol paling ikonik serta fantastis mengingat situasinya," kata Steven yang saat itu turun bertanding menghadapi Maradona di Stadion Azteca kepada Reuters.
 
"Perempat final Piala Dunia itu berlangsung di ketinggian 9.000 kaki di atas permukaan laut dan dalam suhu di atas 100 derajat Fahrenheit. Bermain dalam kondisi tersebut adalah tantangan tersendiri, namun pada saat Anda menyaksikan level yang dia mainkan adalah mendekati mustahil," tambahnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif