Sapir Berman. (JACK GUEZ / AFP)
Sapir Berman. (JACK GUEZ / AFP)

Wasit Transgender Warnai Sejarah Sepak Bola Israel

Olahraga soccertainment sepak bola Israel
Kautsar Halim • 04 Mei 2021 22:51
Jakarta: Sapir Berman membuat sejarah olahraga saat memimpin pertandingan sepak bola Liga Premier Israel untuk pertama kalinya. Sebab beberapa hari sebelumnya, dia mengaku sebagai transgender.
 
Menanggapi itu, Asosiasi Sepak Bola Israel tidak keberatan dengan kehadiran wasit transgender dalam kompetisi. Mereka malah mendukung Berman untuk tetap menjalankan tugasnya dengan baik. 
 
"Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan yang panjang dan indah. Sapir, kami bangga melakukannya dengan Anda," kata Asosiasi Sepak Bola Israel saat Berman menjadi wasit dalam laga Beitar Jerusalem vs Hapoel Haifa seperti dikutip Reuters, Selasa (4/5/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berman secara terbuka mengumumkan peralihan status gendernya pada konferensi pers Selasa lalu. Saat itu,  Berman yang berstatus sebagai wasit kompetisi teratas liga Israel mengaku selalu melihat dirinya sebagai perempuan, bahkan sejak usia muda.
 
Dia juga mengatakan bahwa para pemain sudah mulai menggunakan bentuk kata feminin dalam bahasa Ibrani saat memanggilnya.
 
"Mereka benar-benar merasa ingin mengambil bagian dalam proses ini dan bahkan berbicara dengan pria jika tidak pantas dan berbicara kepada saya sebagai wanita. Terima kasih," kata Berman yang berusia 26 tahun.
 
Di luar stadion di utara kota Haifa, seorang penggemar membawa spanduk yang memuji Berman sebagai "wanita super, luar biasa, berani."
 
Namun, Berman bukanlah wasit transgender pertama dalam dunia sepak bola. Sebelumnya, wasit asal Inggris, Lucy Clark, mengumumkan peralihan status gendernya pada 2018. (ANT)
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif