Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat (kiri) dan Marc Klok. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)
Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat (kiri) dan Marc Klok. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Piala AFF 2022

Indra Sjafri Sebut Jordi Amat Mudah Beradaptasi dengan Timnas Indonesia

Antara • 31 Desember 2022 23:04
Jakarta: Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menilai proses adaptasi Jordi Amat bersama timnas Indonesia berjalan mulus. Itu disampaikannya meski Jordi baru dinaturalisasi pada bulan lalu.
 
"Bagi pemain sekelas Jordi Amat, adaptasi bukanlah masalah," ujar Indra seperti dilansir Antara, Sabtu (31/12/2022).
 
Selain karena kenyang pengalaman bermain di Eropa, Jordi yang lahir di Spanyol juga dinilai Indra punya sikap baik sehingga mudah melebur dengan rekan-rekan baru di skuad Garuda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anaknya humble dan cepat berteman," kata Indra.
 
Lebih lanjut, Indra menyebut Jordi telah menghadirkan warna baru di timnas dengan pengalaman bermainnya. Pemain berumur 30 tahun itu memang pernah memperkuat tim-tim Eropa seperti Espanyol, Swansea City, dan Real Betis. Kemudian kini, dia merumput di Liga Super Malaysia bersama Johor Darul Ta'zim.
 
"Dari sisi pengalaman, dia lebih matang (dibandingkan pemain lain-red). Karena itulah kami meminta dia untuk membantu timnas," tutur Indra.
 
Piala AFF 2022 menjadi momen perdana Jordi berseragam Garuda di dada.
Dia sudah tampil di dua laga Grup A dan ikut membantu Indonesia menaklukkan Kamboja 2-1 serta bermain imbang 1-1 dengan Thailand.
 
Sayangnya karena akumulasi kartu kuning, Jordi dipastikan absen ketika Indonesia menghadapi Filipina pada laga pamungkas Grup A di Manila, Senin 2 Januari 2023 mendatang. Walau begitu, Indra tak terlalu khawatir karena timnas masih memiliki bek-bek tangguh lain seperti Hansamu Yama dan Rizky Ridho.
 
Keduanya sempat berlaga saat Indonesia menundukkan Brunei Darussalam di Grup A, di mana Jordi dibangkucadangkan, dan berhasil membawa Indonesia menang dengan skor 7-0.
 
"Saya pikir, kualitas Rizky Ridho dan Hansamu membuat ketiadaan Jordi tidak terlalu berpengaruh di tim," tutup Indra.
 
Indonesia hanya butuh minimal hasil imbang ketika bertandang menghadapi Filipina. Sebab, mereka sedang bertengger di urutan dua klasemen sementara dengan koleksi 7 poin atau hanya kalah selisih gol dengan Thailand yang berada di puncak. (ANT)

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif