Logo Piala Dunia 2022. (Alberto PIZZOLI / AFP)
Logo Piala Dunia 2022. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Piala Dunia 2022

Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Kautsar Halim • 03 Desember 2022 09:56
Jakarta: Selesai sudah seluruh pertandingan fase grup Piala Dunia 2022 pada malam hingga dini hari tadi (2-3 Desember WIB). Dari situ, diketahui bahwa terdapat Korea Selatan (Korsel) dan Swiss juga yang berhak melaju ke babak 16 besar.
 
Korsel berhak atas tiket babak 16 besar setelah membuat kejutan menaklukkan Portugal dengan skor 2-1. Namun, kemenangan itu tidak diraih dengan mudah karena Korsel sempat tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya membalikkan keadaan pada pengujung laga.
 
Portugal membuka keunggulan melalui gol Ricardo Horta ketika laga baru bergulir lima menit. Setelah itu, Korsel baru bisa membalasnya lewat gol Kim Young-gwon pada menit ke-27 dan memastikan kemenangan lewat gol Hwang Hee-chan pada menit 90+1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejatinya, hasil pertandingan membuat Korsel sama-sama memiliki 4 poin dan jumlah selisih gol serupa dengan Uruguay yang mengalahkan Ghana 2-0 pada waktu bersamaan. Namun, Korsel lebih berhak menjadi runner-up Grup H untuk menemani Portugal ke babak 16 besar karena unggul produktivitas gol.
 
Sementara itu dari Grup G, terdapat Swiss yang berhak menemani Brasil ke babak 16 besar setelah susah payah menaklukkan Serbia dengan skor 3-2. Jalannya pertandingan pun berlangsung sengit di Stadion 974 karena Serbia sempat berbalik unggul pada babak pertama.
 
Swiss sejatinya sudah memulai pertandingan dengan baik dan sukses mencetak gol lebih dulu lewat Xherdan Shaqiri pada menit ke-20. Tapi, Serbia langsung terlecut dan mencetak dua gol balasan melalui Aleksandar Mitrovic pada menit ke-26 dan Dusan Vlahovic pada menit ke-35.
 
Tidak terima keunggulan berbalik, Swiss kembali tampil agresif dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Breel Embolo jelang turun minum atau pada menit ke-44. Setelah itu, Swiss baru memastikan kemenangan 3-2 lewat gol Remo Freuler saat babak kedua baru bergulir tiga menit.
 
Hasil pertandingan membuat Swiss sama-sama memiliki 6 poin dengan Brasil yang secara mengejutkan kalah dari Kamerun dengan skor tipis 1-0. Namun, Brasil tetap keluar sebagai juara Grup G karena unggul selisih gol dengan Swiss.
 
Berikut daftar lengkap peserta babak 16 besar Piala Dunia 2022 beserta jadwal pertandingannya:
 
Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif