Stadion Al-Bayt bakal menjadi tempat pembukaan Piala Dunia Qatar-Foto Istimewa
Stadion Al-Bayt bakal menjadi tempat pembukaan Piala Dunia Qatar-Foto Istimewa

Soccertainment

9 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar (Bagian 2)

Friko Simanjuntak • 19 Agustus 2022 16:14
Jakarta: Sebanyak 32 tim termasuk tuan rumah Qatar akan berlaga di turnamen sepak bola paling bergengsi, Piala Dunia 2022. Turnamen sepak bola empat tahunan ini dijadwalkan bergulir pada 21 November hingga 18 Desember 2022.
 
Berbagai fakta menarik mengiringi terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah edisi ke-22 Piala Dunia. Selain negara Arab pertama yang jadi tuan rumah, Piala Dunia 2022 Qatar juga menjadi Piala Dunia terakhir yang menampilkan 32 tim.
 
Selain dua fakta di atas, ada beberapa fakta menarik lain yang akan tersaji di Piala Dunia 2022 Qatar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip dari berbagai sumber, berikut 9 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang wajib kamu tahu (bagian 2):
 
6. Stadion Berdekatan
 
Qatar adalah negara kecil. Bahkan, jauh lebih kecil dari tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia. Karena ukuran negara ini kecil, berpergian dari satu tempat ke tempat lain di Qatar bukan masalah besar.
 
Kota tuan rumah seperti Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan terletak berdekatan satu sama lain. Hal ini memudahkan buat para penggemar menyaksikan pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2022.
 
Fakta menarik lainnya adalah dua stadion terjauh di Qatar, yakni Al Bayt dan Al Wakrah, hanya berjarak 90 mil atau sekitar 144 kilometer. Sementara jarak rata-rata antarstadion penyelenggara pertandingan, kurang dari 50 mil atau sekitar 80km.
 
7. Stadion ber-AC
 
Salah satu isu utama dari penyelenggaraan Piala Dunia di Timur Tengah adalah terkait suhu tinggi. Namun, Qatar tak menjadikan hal itu masalah. Mereka memastikan para pemain dan penonton tetap nyaman memainkan dan menyaksikan pertandingan di tengah cuaca ekstrem.
 
Salah satu terobosan yang bikin orang geleng-geleng kepala adalah diterapkannya teknologi penjaga suhu udara di setiap stadion. Ya, delapan stadion yang menggelar pertandingan, semuanya sudah dilengkapi AC dan akan menjaga suhu udara di dalam stadion tidak lebih dari 27 derajat Celsius.
 
8. Tuan Rumah Piala Dunia Ke-2 di Asia
 
Qatar tidak hanya akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, tetapi juga tuan rumah kedua di kawasan Asia. Sebelumnya, Piala Dunia pertama di Asia terjadi pada 2002 di mana Jepang dan Korea Selatan jadi tuan rumah bersama.
 
9. Alkohol, Seks Bebas & LGBT Dilarang
 
Qatar adalah negara yang masih memegang teguh adat ketimuran. Maka dari itu, para pengunjung yang datang dipastikan tidak bisa bertindak seenaknya saat menyaksikan Piala Dunia 2022.
 
Salah satu yang jadi atensi khusus pemerintah Qatar adalah perihal konsumsi alkohol. Secara umum, minuman alkohol tidak diperjualbelikan secara bebas di Qatar. Meski demikian, ada tempat-tempat khusus yang memang diperbolehkan menjual dan mengonsumsi minuman beralkohol.
 
Pada Piala Dunia 2022 nanti, para pengunjung hanya diperbolehkan mengonsumsi alkohol di tempat-tempat yang telah diizinkan. Misalnya di bar, restoran dan hotel. Selain itu, para pengunjung yang mau mengonsumsi minuman beralkohol harus berusia di atas 21 tahun.
 
Selain alkohol, pemerintah Qatar juga tidak mentolerir seks bebas. Jadi, buat para penonton Piala Dunia yang bukan suami-istri, mereka tak boleh tinggal di kamar hotel yang sama. Mereka disarankan tidak mengumbar kemesraan berlebihan di tempat umum.
 
Qatar juga tidak memberi toleransi pada kaum lesbian, gay, biseksual, dan transgender yang sering disingkat LGBT dan simbol-simbolnya seperti bendera pelangi. Apabila ada pegiat LGBT yang coba-coba mengibarkan bendera pelangi di Piala Dunia 2022, maka itu bentuk kejahatan.
 
Terkait tiga larangan di atas, pemerintah Qatar telah menyiapkan hukuman cukup berat buat mereka yang melanggar. Mulai dari hukuman penjara untuk waktu lama, sanksi denda sangat tinggi, hingga deportasi.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif