Liga Super Eropa ditinggal 6 klub Liga Inggris (Foto: Twitter)
Liga Super Eropa ditinggal 6 klub Liga Inggris (Foto: Twitter)

Liga Super Eropa: Tim-tim Inggris Bukan Mundur, tapi Dipaksa Mundur

Adri Prima • 21 April 2021 16:10
Jakarta: Tim-tim asal Inggris akhirnya memutuskan untuk menarik diri dari proyek European Super League atau Liga Super Eropa. 
 
Mereka adalah big six-nya Liga Inggris, yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspurs. Keenam klub tersebut sudah menyampaikan pernyataan resmi terkait penarikan diri mereka dari Liga Super Eropa. 
 
Sementara itu, pihak Liga Super Eropa menuding bahwa tim-tim liga Inggris bukan mundur, melainkan dipaksa mundur. Musababnya adalah adanya ancaman dan sanksi dari federasi sepakbola domestik. Padahal, menurut mereka, proyek Liga Super Eropa sama sekali tidak melanggar hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Meskipun klub-klub Inggris mengumumkan mengundurkan diri (dari Liga Super Eropa), (karena) dipaksa untuk mengambil keputusan tersebut, kami yakin proposal kami sepenuhnya selaras dengan hukum dan peraturan Eropa seperti yang ditunjukkan hari ini oleh keputusan pengadilan untuk melindungi Liga Super dari pihak ketiga,” tulis pernyataan resmi tersebut yang dikutip dari Football Italia, Rabu, 21 April 2021. 
 
Lebih lanjut, pihak Liga Super Eropa juga berencana untuk tetap mencari cara agar tujuan mereka untuk terkait proyek masa depan bisa diteruskan. 
 
“Mengingat keadaan saat ini, kami akan mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang paling tepat untuk membentuk kembali proyek. Dengan selalu mengingat tujuan kami untuk menawarkan pengalaman terbaik kepada penggemar sambil meningkatkan pembayaran solidaritas untuk seluruh komunitas sepak bola,” sambung pernyataan resmi tersebut.
 
Sementara itu, pemilik Liverpool John W Henry juga mengakui kesalahannya karena keikutsertaan Liverpool tidak didukung oleh fans.
 
"Saya ingin menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan yang terjadi selama 48 jam terakhir. Kami tetap bersama dengan fans. Kami mendengarkan kalian (fans), saya mendengarkan kalian (fans). Saya meminta maaf kepada Juergen, kepada pemain. Saya minta maaf kepada semua suporter dan kepada semua orang yang telah bekerja keras untuk membuat penggemar kami bangga," kata John W Henry lewat instagram resmi Liverpool. 
 
Setelah mundurnya enam tim Liga Inggris maka peserta Liga Super Eropa saat ini tersisa Juventus, Inter, Milan, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid. 
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif