Selebrasi gol para pemain Belanda. (MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP)
Selebrasi gol para pemain Belanda. (MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP)

Cukur Montenegro, Belanda Jaga Asa ke Piala Dunia

Olahraga piala dunia 2022 Timnas Belanda
Kautsar Halim • 05 September 2021 10:25
Jakarta: Belanda berhasil menaklukkan Montenegro dengan skor 4-0 pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Minggu 5 September dini hari WIB. Dengan begitu, Der Oranje masih menjaga asa untuk ke putaran final.
 
Memphis Depay membuka keunggulan Belanda lewat tendangan penalti pada menit ke-38 setelah dia dijatuhkan gelandang Moldova Dusan Lagator di kotak terlarang. Kedudukan 1-0 lantas bertahan hingga turun minum meski Montenegro kerap dibombardir.
 
Menginjak menit ke-62, pertahanan Montenegro akhir runtuh kembali berkat gol Depay yang menerima assist Cody Gakpo. Setelah itu, Der Oranje baru makin mudah mencetak gol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepasang gol penutup Belanda dicetak oleh Georginio Wijnaldum pada menit ke-70 dan Gakpo pada menit ke-76. Bagi Gakpo, kontribusi tersebut merupakan gol internasional pertama, dan itu tercipta di Stadion Philips yang merupakan merupakan markas klubnya, PSV Eindhoven.
 
Sementara itu, sumbangan dua gol dalam laga ini membuat Depay sudah mengoleksi 30 gol untuk Belanda dan mencetak 9 gol dalam sembilan laga internasional terakhirnya. Kemudian, hasil laga ini juga menjadi kemenangan pertama bagi Louis van Gaal yang kembali melatih Belanda.
 
Tambahan tiga poin dari mengalahkan Montenegro membuat Belanda naik ke urutan dua klasemen sementara Grup G dengan koleksi 10 poin atau hanya berjarak 1 poin dengan Turki yang berada di puncak. Meski begitu, Der Oranje hanya unggul selisih gol saja dengan pemilik urutan tiga, Norwegia. 
 
Jika tetap berada di posisi dua hingga kualifikasi berakhir, Belanda masih bertarung di fase playoff untuk merebut tiket putaran final Piala Dunia 2022. Tapi, mereka berhak langsung lolos apabila finis sebagai pemuncak klasemen. (BBC)
 
Susunan Pemain
 
Belanda: Bijlow, de Vrij, Dumfries, de Ligt, Malacia, Wijnaldum (de Roon 73'), Klaassen, de Jong (Til 84'), Berghuis, Depay, Gakpo (Bergwijn 77').
 
Montenegro: Sarkic, Vesovic (Vukcevic 52'), Tomasevic, Savic (Simic 46'), Radunovic, Marusic (Haksabanovic 63'), Bozovic, Scekic (Vujnovic 77'), Lagator, Osmajic, Mugosa.
 

 
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif