Selebrasi timnas Kamerun sebagai tuan rumah dan juara tiga Piala Afrika 2021. (DANIEL BELOUMOU OLOMO / AFP)
Selebrasi timnas Kamerun sebagai tuan rumah dan juara tiga Piala Afrika 2021. (DANIEL BELOUMOU OLOMO / AFP)

Menang Dramatis atas Burkina Faso, Kamerun Juara Tiga Piala Afrika 2021

Kautsar Halim • 06 Februari 2022 08:53
Jakarta: Kapten Vincent Aboubakar mencetak dua gol pada menit-menit akhir pertandingan ketika Kamerun tertinggal tiga gol dari Burkina Faso pada laga perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2021 yang tertunda setahun, Minggu 6 Februari dini hari WIB. Setelah itu, Kamerun menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan keluar sebagai pemenang lewat adu penalti.
 
Aboubakar baru tampil pada babak kedua karena Kamerun memainkan sebagian besar pemain yang belum pernah turun pada laga sebelumnya. Situasi tersebut dimanfaatkan betul oleh Burkina Faso untuk unggul 3-0 melalui gol Steeve Yago (menit ke-24), bunuh diri Andre Onana (menit ke-43), dan Djibril Outtara (menit ke-49).
 
Tapi sekitar 20 menit laga akan berakhir, Kamerun bisa bangkit untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol yang dicetak Stepahane Bahoken (menit ke-71) dan Vincent Aboubakar (menit ke-85 dan ke-87). Skor 3-3 lantas bertahan hingga waktu normal serta babak tambahan berakhir, dan pertandingan berlanjut dengan adu penalti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Momen adu penalti dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Kamerun yang kepercayaan dirinya meningkat. Lima penendang yang mereka turunkan mampu menjalankan tugas dengan baik, sedangkan Burkina Faso harus mengakui kekalahan lewat adu penalti (4-5) lantaran penendang ketiga Ibrahim Blati Toure gagal memasukkan bola ke gawang.
 
Dua gol terakhir Aboubakar pada laga perebutan tempat ketiga ini membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak dalam turnamen dengan jumlah 8 gol. Pencapaian tersebut juga agak mustahil dilewati oleh Sadio Mane dan Mohamed Salah yang akan bertanding dalam final antara Senegal vs Mesir pada Senin 7 Februari dini hari WIB. (ANT/Reuters)
 


 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif