Suasana renovasi Stadion Leopold Senghor. (SEYLLOU / AFP)
Suasana renovasi Stadion Leopold Senghor. (SEYLLOU / AFP)

Sejumlah Negara Afrika Berpotensi Memainkan Kualifikasi Piala Dunia di Luar Negeri

Olahraga sepak bola piala dunia 2022
Kautsar Halim • 05 Mei 2021 05:00
Jakarta: Sejumlah negara Afrika terancam memainkan laga kandang di luar negeri pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Itu terjadi setelah Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) merilis hasil peninjauan kelaikan penggunaan stadion, Selasa 4 Mei.
 
Dari 40 negara peserta putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika, terdapat 10 negara yang stadionnya dinilai tidak layak pakai, termasuk Senegal yang tampil di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, serta Mali yang merupakan unggulan Grup E.
 
Stadion-stadion yang diajukan Burkina Faso, Republik Afrika Tengah, Liberia, Malawi, Namibia, Nigeria dan Sierra Leonne juga ditolak CAF. Namun, mereka diberikan tenggat waktu yang ketat (sebelum 5 Juni) untuk memperbaiki stadion tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senegal akan mengawali perjuangan di Grup H dengan dengan menjamu Togo pada Juni pekan pertama. Tetapi, Stadion Leopold Senghor sedang ditutup karena renovasi dan stadion kandang alternatif yang belakangan dipakai untuk laga-laga internasional dinyatakan tidak layak oleh CAF.
 
Republik Demokratik Kongo, Libya dan Uganda juga mendapati stadion utamanya ditolak oleh CAF. Meski begitu, mereka tetapi boleh tampil di negara sendiri dengan stadion alternatif yang kapasitasnya lebih kecil.
 
Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika diikuti 40 negara yang terbagi dalam 10 grup yang masing-masing diisi empat negara. Tiap peserta diagendakan tampil sebanyak enam kali hingga Oktober mendatang. (ANT)
 

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif