Skuad Tokyo Verdy. (Foto: Istimewa)
Skuad Tokyo Verdy. (Foto: Istimewa)

Tokyo Verdy Sudahi Perjalanan Luar Biasa di Piala Kaisar

Kautsar Halim • 07 September 2022 21:24
Jakarta: Perjalanan luar biasa Tokyo Verdy di Piala Kaisar Jepang 2022 akhirnya terhenti pada babak delapan besar. Mereka kalah dari Kyoto Sanga setelah membuat kejutan dengan menaklukkan tim-tim raksasa pada fase-fase sebelumnya. 
 
Gelaran Piala Kaisar atau Emperor's Cup adalah kompetisi tertua di Jepang yang sudah bergulir sejak 1921 silam. Musim 2022 menjadi perhelatan ke-102 dan putaran utamanya diikuti oleh 88 tim dari seluruh Jepang. 
 
47 tim di antaranya merupakan juara pada fase kualifikasi di masing-masing prefektur, sedangkan sisanya diisi oleh 18 tim Meiji Yasuda J1 League, 22 tim J2 League, dan satu wakil tim amatir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada putaran pertama, 47 wakil prefektur dan 1 wakil tim amatir saling berhadapan dengan tim-tim dari J1 dan J2 League. Di sinilah, perjalanan luar biasa Tokyo Verdy di Piala Kaisar musim ini bermula.
 
Pembunuh Raksasa
 
Pada putaran kedua, Tokyo Verdy menjamu sesama tim J2 League, Blaublitz Akita di Stadion Ajinomoto pada 1 Juni lalu. Saat itu, Verdy tampil kurang meyakinkan karena kebobolan lebih dulu pada menit pertama oleh gol Daiki Kogure.
 
Tapi, Tokyo Verdy pantang menyerah hingga akhirnya mampu bangkit dengan mencetak dua gol balasan melalui Ryoga Sato (7') dan Boniface Nduka (31'). Pada laga ini, Verdy masih dilatih Takafumi Hori karena Hiroshi Jofuku baru masuk sebagai pelatih anyar mereka pada putaran ketiga.
 
Pada putaran ketiga, Tokyo Verdy mendapatkan tantangan mahaberat karena harus melawat ke Stadion Kawasaki Todoroki untuk menghadapi Kawasaki Frontale. Lawan mereka kali ini merupakan penguasa Jepang yang sudah empat kali menjuarai Meiji Yasuda J1 League dalam lima musim terakhir. 
 
Meski berasal dari kasta kedua, Tokyo Verdy nyatanya mampu menaklukkan raksasa Kawasaki Frontale berkat gol tunggal Ryoga Sato pada menit-69. Selanjutnya pada babak 16 besar, Tokyo Verdy bertemu tim kasta teratas lainnya, Jubilo Iwata.
 
Jubilo Iwata juga merupakan tim besar yang punya prestasi mentereng di Jepang. Mereka pernah menjuarai J1 League tiga kali dan memenangkan Piala Kaisar sekali. Musim lalu, Jubilo Iwata sukses menjuarai J2 League untuk menjadi tim promosi kasta teratas musim ini.
 
Bermain di kandang sendiri, Tokyo Verdy unggul lebih dulu lewat sepakan penalti pemain yang kini sudah hijrah ke kasta teratas Liga Portugal bersama klub Gil Vicente, Mizuki Arai, pada menit ke-84.
 
Seperti sudah akan meraih kemenangan, Jubilo Iwata membalas melalui gol Ryo Germain pada menit ketiga perpanjangan waktu babak kedua dan membuat skor berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal. 
 
Laga akhirnya berlanjut ke babak tambahan dan Verdy keluar sebagai pemenang setelah mencetak gol pada menit ke-114 melalui
tendangan keras jarak jauh dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh bek kiri mereka, Yuta Narawa.
 
Akhir Perjalanan
 
Kemenangan tersebut membuat Tokyo Verdy lolos ke perempat final bersama satu tim J2 League yang tersisa, Ventforet Kofu. Tapi di babak delapan besar, Verdy kembali harus menjamu tim kasta teratas Kyoto Sanga yang pernah sekali mejuarai Piala Kaisar dan berstatus sebagai tim promosi J1 League setelah finis kedua di J2 League musim lalu.
 
Perjalanan Verdy di Piala Kaisar musim ini akhirnya harus terhenti di kandang sendiri setelah kalah 2-1 dari Kyoto Sanga. Saat itu, sepasang gol kemenangan Kyoto Sanga berasal dari pemain anyar Paulinho Boia (21', 53'), sedangkan Verdy hanya mampu mencetak gol hiburan melalui Hiroto Taniguchi menjelang laga berakhir (90'). 
 
Meski tersingkir, perjalanan hingga babak delapan besar ini merupakan pencapaian terbaik Tokyo Verdy sejak menjadi juara Piala Kaisar pada 2004 silam, atau dalam 18 tahun terakhir. Sebelumnya, Tokyo Verdy (termasuk saat masih bernama Yomiuri FC dan Verdy Kawasaki) pernah lima kali menjuarai Piala Kaisar, yaitu pada musim 1984, 1986-1987, 1987-1988, 1996, dan 2004.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif