Stadion Al-Bayt bakal menjadi tempat pembukaan Piala Dunia Qatar-Foto Istimewa
Stadion Al-Bayt bakal menjadi tempat pembukaan Piala Dunia Qatar-Foto Istimewa

Soccertainment

9 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar (Bagian 1)

Friko Simanjuntak • 19 Agustus 2022 07:09
Jakarta: Sebanyak 32 tim termasuk tuan rumah Qatar akan berlaga di turnamen sepak bola paling bergengsi, Piala Dunia 2022. Turnamen empat tahunan ini dijadwalkan mulai bergulir pada 21 November hingga 18 Desember 2022.
 
Berbagai fakta menarik mengiringi terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah edisi ke-22 Piala Dunia. Selain jadi negara Arab pertama yang jadi tuan rumah, Piala Dunia 2022 Qatar juga akan menjadi Piala Dunia terakhir yang akan menampilkan 32 tim.
 
Selain dua fakta di atas, ada beberapa fakta menarik lain yang akan tersaji di Piala Dunia 2022 Qatar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip dari berbagai sumber, berikut 9 Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang wajib kamu tahu (bagian 1):
 
1. Negara Arab Pertama Tuan Rumah Piala Dunia
 
Dari 21 penyelenggaraan sebelumnya, Piala Dunia sudah menyambangi beberapa negara, mulai dari benua Amerika, Eropa, Afrika, hingga Asia. Namun, baru kali ini turnamen sepak bola akan dilangsungkan di kawasan Timur Tengah, tepatnya di Qatar.
 
Qatar mengalahkan empat negara lain dalam proses bidding Piala Dunia 2022. Empat negara lain yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah adalah; Australia, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.
 
2. Piala Dunia Pertama di Musim Dingin
 
Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi Piala Dunia pertama yang digelar pada musim dingin. Dalam sejarahnya, Piala Dunia biasanya berlangsung di pertengahan tahun atau ketika musim panas.
 
Berhubung Piala Dunia 2022 digelar di kawasan Timur Tengah, harus ada pengecualian. Sebab, pada musim panas cuaca atau suhu di Qatar bisa mencapai hingga 50 derajat Celsius. Dalam kondisi seperti itu, menjadi tuan rumah segala jenis acara global dianggap hampir mustahil. Oleh karena itu, khusus Piala Dunia 2022 Qatar, FIFA merestui turnamen digelar pada November-Desember atau di tengah kompetisi Liga-liga Eropa.
 
3. Piala Dunia Termahal
 
Fakta menarik lainnya adalah jumlah dana yang dikeluarkan negara tuan rumah dalam hal ini Qatar untuk persiapan dan penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Diperkirakan, Qatar menghabiskan USD200 miliar (Rp2.956 triliun) untuk proyek infrastruktur yang meliputi pembangunan stadion, jalan raya, hotel, dan sebagainya.
 
Jumlah dana tersebut akan menjadikan Piala Dunia 2022 Qatar tercatat dalam sejarah sebagai Piala Dunia termahal.
 
4. Stadion Paling Sedikit Kedua di Piala Dunia
 
Piala Dunia 2022, Qatar memang menyediakan delapan stadion untuk menggelar pertandingan. Jumlah stadion tersebut menjadi yang paling sedikit kedua dalam sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, Piala Dunia 1978 Argentina juga hanya menyediakan enam stadion.
 
Meski hanya delapan stadion, namun yang menarik, hanya satu stadion yang dipugar atau direnovasi. Selebihnya, Qatar membangun tujuh stadion baru, khusus untuk Piala Dunia 2022 nanti.
 
5. Rekor Jumlah Pengunjung di Piala Dunia
 
Secara geografis Qatar berada di lokasi strategis. Negara seluas 11.581 km2 ini berlokasi di dekat negara-negara besar di dunia. Alasan ini yang membuat Piala Dunia 2022 berpotensi mencatatkan rekor jumlah pengunjung yang datang ke Qatar.
 
Menurut perkiraan, selama satu bulan penyelenggaraan Piala Dunia 2022, Qatar akan dikunjungi oleh sekitar 1,5 juta pengunjung. Akan menjadi rekor tersendiri untuk negara tersebut.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif