Pelatih tim nasional Thailand Alexandre Polking (kiri). (ANTARA/Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional Thailand Alexandre Polking (kiri). (ANTARA/Michael Siahaan)

Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Thailand tetap Nilai Indonesia Lawan Berbahaya

Kautsar Halim • 28 Desember 2022 20:17
Jakarta: Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking, tidak menganggap remeh Indonesia yang bakal menjadi lawan skuadnya pada laga ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis 29 Desember mendatang. Menurutnya, Indonesia juga termasuk salah satu kandidat juara karena diperkuat para pemain bagus di tiap lini.
 
Berbicara dalam jumpa pers jelang laga di Media Center SUGBK, Rabu 28 Desember, Polking mengutarakan bahwa Indonesia merupakan tim muda yang aktif bergerak, bisa bertarung dan sangat kuat di sayap. Selain itu, Indonesia juga diperkuat pemain naturalisasi anyar, Jordi Amat, yang sangat bagus dengan bola untuk membangun serangan. 
 
"Indonesia punya dua holding midfielder yang berpengalaman dalam turnamen ini. Witan (Sulaeman) juga bagus di sayap dan Egy (Maulana Vikri) di sisi lainnya. Lalu, ada Marselino (Ferdinan) yang kemungkinan menjadi salah satu pemain muda terbaik dalam turnamen. Mereka terorganisir dengan baik dan memiliki pelatih bagus. Itulah sebabnya, Indonesia berbahaya pada dua laga sebelumnya," ujar Polking.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indonesia memang berhasil membuktikan diri mampu bersaing di Grup A dengan mengalahkan Kamboja (2-1) dan Brunei Darussalam (7-0) pada dua laga sebelumnya. Tren positif itu membuat Indonesia bertengger di urutan dua klasemen sementara dengan koleksi 6 poin dan hanya kalah selisih gol dengan Thailand yang berada di puncak.
 
Meski demikian, bukan berarti Thailand gentar dengan Indonesia di Piala AFF tahun ini. Polking pun menuturkan bahwa dirinya sudah mempersiapkan para pemainnya dengan baik untuk mengalahkan Indonesia demi memperpanjang rekor mereka yang sudah menjuarai Piala AFF sebanyak enam kali.
 
"Namun, kami (Thailand) juga memiliki kualitas dan sudah mempersiapkan diri melakoni pertandingan. Saya harap tiap orang bertanding dengan baik dan bisa menyajikan laga berkualitas untuk ditonton. Fan di sana pasti mendukung Indonesia dan bisa saja mengangkat tekanan lawan, tapi tim terbaiklah yang akan menang," pungkas Polking.
 
Thailand sejatinya tetap diunggulkan karena belum pernah kalah dalam enam pertemuan terakhir dengan Indonesia (4 menang, 2 seri). Namun, perkembangan yang sudah dimiliki skuad Garuda dan dukungan kuat para suporter di SUGBK dalam laga nanti bisa saja memutus tren positif Thailand.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif