Suasana jumpa pers Oranje Indonesia Festival. (Foto: Medcom.id/Zam)
Suasana jumpa pers Oranje Indonesia Festival. (Foto: Medcom.id/Zam)

Kagumi Pendukung Belanda di Tanah Air, KNVB Gelar Festival Oranje Indonesia

Kautsar Halim • 01 September 2022 12:31
Jakarta: Timnas Belanda akan bermain pada ajang Piala Dunia di Qatar pada tahun ini. Pelatih Kepala Louis van Gaal memimpin Oranje kembali ke pentas sepakbola internasional terbesar setelah absen pada 2018. Tak hanya Oranje fans di Belanda yang antusias memberi dukungan, namun para Oranje fans di Indonesia juga siap mendukung timnas favorit ‘kedua’ mereka. 
 
Sekjen KNVB Gijs de Jong mengaku kagum dengan antusiasme suporter sepak bola yang mendukung Oranje di Indonesia. "Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai motor skuter memakai atribut oranye setelah Tim Oranje memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta Oranje fans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul," ujar Gijs de Jong. 
 
Oranje Indonesia Festival 
KNVB menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menciptakan pengalaman Oranje yang unik bagi para penggemar mereka. Tahun ini, KNVB akan membawa pengalaman Oranje ke Indonesia dengan menyelenggarakan ‘Oranje Indonesia Festival’ resmi pertama untuk para penggemar mereka di Jakarta. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan kami dalam menjaga hubungan baik dengan fans di Indonesia. Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia mendatang," ungkap Gijs de Jong. 
 
Festival ini akan berlangsung pada hari pertandingan kedua Oranje di Piala Dunia di Qatar (Belanda vs Ekuador) pada 25 November. Para penggemar dapat menyaksikan pertandingan Oranje secara langsung bersama di area Stadion GBK. Tidak hanya tontonan umum, tetapi juga akan dimeriahkan dengan live music dari musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner dan tentunya talk show dengan legenda timnas Belanda. 
 
Duta Oranje Indonesia 
Dalam komunitas besar pendukung Oranje di Indonesia, terdapat artis, presenter, pembawa acara olahraga, dan influencer ternama Indonesia. KNVB telah bertemu dengan beberapa dari mereka dan dengan bangga mengumumkan duta Oranje Indonesia, seperti Vincent Rompies, Valentino ‘Jebreeet’ Simanjuntak, Rebecca Rejjman, Ona Hetharua dan Marc Klok. 
 
“Kami berterima kasih kepada mereka sebagai duta dari Oranje Indonesia, karena mereka semua memiliki hubungan yang baik dengan Oranje dan Indonesia dengan caranya sendiri." kata Gijs. 
 
Pada jeda internasional mendatang, tepatnya 25 September, KNVB mengundang Valentino ke pertandingan Oranje sebelum Piala Dunia. Oranje akan memainkan pertandingan Nations League melawan Belgia di Johan Cruijff ArenA. 
 
Nantinya, Valentino tidak hanya akan mengunjungi pertandingan tetapi juga merasakan atmosfer Oranje bersama para penggemar di Belanda dan akan membawa pengalaman ini kembali ke Indonesia untuk Oranje Indonesia Festival. 
 
Kolaborasi Partner 
Selama kunjungannya ke Indonesia, KNVB juga membuka perbincangan dengan calon mitra komersial, mitra media, dan pemangku kepentingan lain. Untuk menyukseskan Oranje Indonesia Festival, KNVB mencari kombinasi yang tepat dari mitra kolaborasi Indonesia dan Belanda. Selain itu, KNVB juga menyelenggarakan acara jejaring di Erasmus Huis bersama dengan Jaringan Bisnis Belanda dan Kedutaan Besar Belanda pada tanggal 1 September malam hari. 
 
Merchandise Oranje Indonesia 
KNVB tidak hanya melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki fanbase yang besar tetapi sangat ingin memberikan sesuatu yang spesial kepada para Oranjefans di Indonesia. Untuk itu, KNVB meluncurkan koleksi merchandise eksklusif Oranje Indonesia. Dalam desain koleksi ini, baik Singa (Belanda) dan Garuda (indonesia) sama-sama ditampilkan setara. 
 
"Dengan desain ini, KNVB merangkul semua penggemar sepak bola Indonesia sebagai teman dan keluarga dalam mendukung tim nasional Belanda sebagai ‘tim favorit kedua’ dengan tetap menghormati Timnas Garuda," jelas Gijs de Jong. 
 
Tim Favorit Kedua 
KNVB memposisikan Oranje sebagai 'tim favorit kedua di dunia’ dan sangat mengapresiasi dukungan luar biasa suporter Indonesia terhadap Timnas Garuda. Oleh karena itu, KNVB menempatkan Oranje sebagai ‘tim favorit kedua' setelah Timnas Garuda. Sebagian besar penggemar sepak bola internasional mendukung Oranje karena mereka menggemari filosofi permainan dan mengidolakan pemain bintang Oranje atau mengenang beberapa momen bersejarah Oranje yang dekat di hati mereka. 
 
"KNVB ingin menginspirasi para penggemar di Indonesia yang mencintai Oranje selama bertahun-tahun dengan tetap menjadikannya tim favorit kedua. Agar tetap menjadi tim favorit kedua, KNVB akan membuat konten yang menyesuaikan dan melakukan aktivitas untuk penggemar lokal di seluruh Indonesia, seperti festival dan merchandise Oranje Indonesia," ucap Gijs. 
 
Aktivitas KNVB di Indonesia 
Indonesia telah menunjukkan dukungan mereka untuk Oranje selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, KNVB ingin memberikan sesuatu kepada para penggemar dan memasukkan mereka ke dalam strategi internasional baru mereka (khusus penggemar). 
 
Pada tahun 2021, KNVB memulainya dengan mengeksekusi strategi internasional ini dengan meluncurkan akun Instagram @Oranje_Indonesia berbahasa Indonesia untuk semua Oranjefans di tanah air. Selain itu, KNVB membuat konten berpendekatan lokal bersama atlet di sepak bola lokal Indonesia (berdarah Belanda), mengadakan beberapa acara bersama komunitas, coaching clinic sepak bola di seluruh negeri hingga mengundang dua penggemar Indonesia merasakan atmosfer pertandingan Oranje secara langsung di Belanda.
 
Hubungan Positif Indonesia dan Belanda 
KNVB tidak hanya fokus pada Piala Dunia mendatang, tetapi juga telah memasukkan Indonesia dalam strategi jangka panjang internasional. Dalam strategi ini, KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda & Olahraga, dan KBRI di Belanda. Selama pertemuan ini, topik kolaborasi seperti pengembangan sepak bola, program KNVB World Coaches di Indonesia, program pertukaran pendidikan sepak bola dan kamp pelatihan Timnas Indonesia di Belanda telah dibahas.
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif