Christian Benteke. (BRUNO FAHY / Belga / AFP)
Christian Benteke. (BRUNO FAHY / Belga / AFP)

Benteke Berpotensi Kembali jadi Starter untuk Belgia

Kautsar Halim • 13 November 2021 18:36
Jakarta: Christian Benteke berpeluang mengakhiri penantian selama dua tahun untuk dimainkan sebagai starter oleh timnas Belgia. Itu terjadi karena dua striker utama Belgia absen pada jeda internasional pekan ini, termasuk saat menjamu Estonia pada lanjutan fase grup Kualifikasi Piala Dunia, Minggu 14 November dini hari WIB. 
 
Meski sudah 42 kali dipanggil memperkuat Belgia sejak 2016, penyerang Crystal Palace itu hanya menjadi starter sebanyak tiga kali dalam lima tahun terakhir. Dia terus ditempatkan di bangku cadangan selama hampir sepanjang waktu.
 
Tapi, dia bisa mendapatkan kesempatan memimpin serangan saat menghadapi Estonia karena Romelu Lukaku dan Michy Batshuayi yang kerap menjadi pilihan utama pelatih Roberto Martinez mengalami cedera dan absen pada pekan ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benteke yang berusia 30 tahun tampil pertama kali untuk Belgia sejak 2010 dan sudah mencetak 16 gol di level internasional. Tapi selama dilatih Martinez, dia baru mengumpul 400 menit bermain. 
 
Benteke terakhir kali menjadi starter untuk Belgia ketika menghadapi Siprus pada dua tahun lalu dan ikut menyumbang sepasang gol dalam kemenangan 6-1 negaranya. Dia juga sudah 29 kali dipasang sebagai pemain pengganti yang tidak dimainkan.
 
Martinez sempat memilih Benteke untuk Eruo 2020 lalu, namun hanya bermain selama enam menit di fase grup melawan Finlandia. Dia bahkan tidak dibawa Belgia untu mengarungi putaran final UEFA Nations League bulan lalu.
 
Benteke sudah berbicara dari hati ke hati dengan Martinez pada September lalu guna membahas minimnya jam terbang yang didapat. Tapi, Martinez memberi jawaban mengejutkan.
 
“Saya ingin para pemain tidak bahagia jika mereka tidak bermain,” kata Martinez kala itu seperti dikutip Reuters.
 
"Saya ingin mereka bersemangat untuk bermain dan itu adalah hal yang selalu ditunjukkan Christian. Karena sikap itu juga dia terus dipilih," tambahnya.
 
Meski demikian, Martinez tetap tidak bisa memastikan memainkan Benteke bakal tampil pekan ini karena masih ada pemain Liverpool Divock Origi, pemain Club Brugge Charles De Ketelaere dan muka baru Dante Vanzeir dari klub Belgia Union Saint Gilloise. (ANT)

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif