Jordi Amat. (ANTARA/Michael Siahaan))
Jordi Amat. (ANTARA/Michael Siahaan))

Jordi Amat Tinggalkan Putranya yang Baru Lahir Demi Gabung Timnas

Kautsar Halim • 27 Mei 2022 11:23
Jakarta: Pesepak bola asal Spanyol Jordi Amat meyakini proses naturalisasinya untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) akan tuntas dalam waktu dekat. Oleh karena itu, dia tidak ingin buru-buru pulang ke kampung halamannya.
 
"Prosesnya sudah mendekati akhir. Sudah sangat-sangat dekat. Saya akan segera menjadi warga negara Indonesia," ujar Jordi seperti dilansir Antara, Kamis (26/5/2022).
 
Jordi yang kini berusia 30 tahun tiba di Indonesia untuk mengurus proses naturalisasi sejak Kamis 26 Mei lalu. Dia masih mengurus proses naturalisasinya, meski sedang ditunggu putra kecilnya yang baru lahir sekitar dua pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di Barcelona, saya mempunyai bayi laki-laki yang baru berusia 15 hari. Namun, bagi saya, penting pula berada di sini untuk mendapatkan paspor Indonesia," tutur Jordi.
 
Jordi yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek menyebutkan bahwa dirinya sudah tidak sabar untuk memperkuat timnas Indonesia. Dia lantas berharap bisa menjalani debut sebagai skuad Garuda lewat ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada 8-14 Juni 2022.
 
"Bermain untuk timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia menjadi mimpi saya. Itulah alasan kenapa saya berada di sini. Banyak pihak yang berusaha sangat keras agar semua ini bisa selesai. Saya sangat ingin membantu timnas Indonesia meraih kesuksesan," tutur Jordi yang merupakan penggawa klub Liga Belgia, KAS Eupen.
 
Jordi sendiri telah bertatap muka dengan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong pada Kamis 26 Mei lalu. Dia sempat berdiskusi singkat dan menganggap pertemuan itu berlangsung menyenangkan.
 
"Sekarang mari kita lihat apakah saya bisa membantu timnas, membantu pelatih Shin. Saya hadir dengan semua pengalaman dan pengetahuan saya. Saya siap berjuang untuk Indonesia," tutup Jordi.
 
Jordi merupakan salah satu pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah. Selain dia, terdapat nama Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.
 
Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta sejak pekan lalu, termasuk mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara.
 
Usai menunaikan semua agenda itu, Jordi memutuskan pulang ke Spanyol pada Kamis 19 Mei, sebelum kembali lagi ke Indonesia tepat seminggu kemudian. Sementara itu, Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia pada pekan ini. (ANT)
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif