Selebrasi Alvaro Morata (kanan) bersama Nico Williams (kiri) usai mencetak gol saat menghadapi Portugal. (Foto: AFP/Miguel Riopa)
Selebrasi Alvaro Morata (kanan) bersama Nico Williams (kiri) usai mencetak gol saat menghadapi Portugal. (Foto: AFP/Miguel Riopa)

Akhiri Rekor Buruk 12 Tahun, Ini 6 Fakta Menarik Spanyol Tundukkan Portugal

Patrick Pinaria • 28 September 2022 15:21
Jakarta: Spanyol memastikan diri lolos ke babak semifinal UEFA Nations League 2022/2023. Kepastian itu didapat usai La Furia Roja berhasil meraih kemenangan saat bertandang ke markas Portugal dengan skor 1-0 pada laga terakhir Grup 2 Liga A, Rabu, 28 September 2022, dini hari WIB.
 
Kemenangan tersebut membuat Spanyol finis sebagai juara Grup 2 dengan mengoleksi 11 poin sekaligus berhak melaju ke semifinal. Mereka unggul satu poin dari Portugal yang harus turun ke posisi kedua.
 
Sejumlah catatan menarik mengiringi kemenangan Spanyol. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Spanyol tak punya catatan tembakan ke gawang di babak pertama


Spanyol gagal menciptakan tembakan mengarah ke gawang di babak pertama dalam dua pertandingan berturut-turut di laga kompetitif. Ini merupakan yang kedua kali dalam 16 tahun terakhir, La Furia Roja gagal membuat tembakan mengarah ke gawang di babak pertama.

2. Torres belum cetak gol di tujuh pertandingan terakhir bersama Spanyol


Ferran Torres gagal mencetak gol dalam tujuh penampilan terakhir bersama Spanyol di seluruh kompetisi. Dalam periode tersebut, ia hanya mampu menciptakan tujuh peluang untuk tim Matador. 
 
Baca: Ini Dia 4 Negara yang Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

3. Morata jadi pemain tersubur Spanyol dalam empat tahun terakhir


Gol yang dicetak saat menghadapi Portugal merupakan gol ke-13 Alvaro Morata bersama Spanyol dalam empat tahun terakhir. Jumlah golnya membuat Morata menjadi salah satu pencetak gol terbanyak untuk La Furia Roja di bawah asuhan Luis Enrique.

4. Williams jadi penyumbang assist termuda untuk Spanyol


Keberhasilan menciptakan satu assist saat menghadapi Portugal menjadi catatan istimewa buat winger Spanyol Nico Williams. Kini, ia menjadi pemain termuda yang sukses menyumbang assist untuk Spanyol dalam sejarah UEFA Nations League. Saat ini, Williams berusia 20 tahun 77 hari.

5. Penampilan semifinal kedua beruntun Spanyol di UEFA Nations League


Bagi Spanyol, ini akan menjadi penampilan kedua mereka secara beruntun di babak semifinal UEFA Nations League. Sebelumnya, mereka tampil di babak semifinal UEFA Nations League musim 2020/2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah catatan yang cukup istimewa. Sebab, mereka menjadi tim kedua yang mampu tampil di babak semifinal UEFA Nations League dalam dua edisi berturut-turut.

6. Akhiri rekor buruk selama 12 tahun


Kemenangan pada laga dini hari tadi membuat Spanyol mengakhiri rekor buruk mereka yang tidak pernah menang melawan Portugal dalam waktu normal (90 menit) selama 12 tahun terakhir.
 
Terakhir kali, Spanyol mampu meraih kemenangan atas Portugal dalam waktu normal pada babak 16-besar Piala Dunia 2010.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif