Liga Super Eropa ditinggal 6 klub Liga Inggris  (Foto: Twitter)
Liga Super Eropa ditinggal 6 klub Liga Inggris (Foto: Twitter)

Baru 48 Jam Diumumkan, Liga Super Eropa Berujung Kandas!

Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 April 2021 10:27
Jakarta: Proyek European Super League atau Liga Super Eropa yang pembentukannya diumumkan pada Minggu, 18 April 2021 lalu berujung kandas. Baru 48 jam diumumkan, separuh dari 12 pendiri resmi mengumumkan menarik diri pada Selasa, 20 April 2021.
 
Mereka adalah big six-nya Liga Inggris, yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspurs. Keenam klub tersebut sudah menyampaikan pernyataan resmi terkait penarikan diri mereka dari Liga Super Eropa.
 
Dalam pernyataan resminya, Liga Super Eropa menyatakan yakin bahwa perlu ada perubahan dari status sepak bola Eropa saat. Oleh karena itu, Liga Super Eropa hadir dengan sistem anyar yang lebih menjanjikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlebih, klub-klub elite mengalami masalah keuangan selama pandemi covid-19.
 
"Liga Super Eropa yakin bahwa status quo sepak bola Eropa saat ini perlu diubah," tulis pernyataan resmi tersebut yang dikutip dari Football Italia, Rabu, 21 April 2021.
 
“Kami mengusulkan kompetisi Eropa baru karena sistem yang ada tidak berfungsi. Proposal kami bertujuan untuk memungkinkan olahraga berkembang sambil menghasilkan sumber daya dan stabilitas untuk piramida sepak bola. Termasuk, membantu mengatasi kesulitan keuangan yang dialami oleh seluruh komunitas sepak bola sebagai akibat dari pandemi,” sambung pernyataan tersebut.
 
Liga Super Eropa pun yakin proposal mega proyek mereka ini sesuai dengan hukum dan peraturan Eropa. Dan pengunduran diri enam klub Inggris tidak menjadi masalah.
 
“Meskipun klub-klub Inggris mengumumkan mengundurkan diri (dari Liga Super Eropa), (karena) dipaksa untuk mengambil keputusan tersebut, kami yakin proposal kami sepenuhnya selaras dengan hukum dan peraturan Eropa seperti yang ditunjukkan hari ini oleh keputusan pengadilan untuk melindungi Liga Super dari dari pihak ketiga,” tulis pernyataan resmi tersebut yang dikutip dari Football Italia, Rabu, 21 April 2021.
 
Dengan keluarnya enam klub Inggris itu, mereka berencana untuk mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang paling tepat untuk mempertajam proyek ini.
 
“Mengingat keadaan saat ini, kami akan mempertimbangkan kembali langkah-langkah yang paling tepat untuk membentuk kembali proyek, dengan selalu mengingat tujuan kami untuk menawarkan pengalaman terbaik kepada penggemar sambil meningkatkan pembayaran solidaritas untuk seluruh komunitas sepak bola,” sambung pernyataan resmi tersebut.
 
Setelah keluarnya enam klub Liga Inggris, praktis pendiri dan peserta Liga Super Eropa tersisa Juventus, Inter, Milan, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif