Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Piala AFF U-16

Kata Bima Sakti yang Membuat Timnas U-16 Comeback atas Vietnam

Ahmad Mustaqim • 07 Agustus 2022 13:13
?Sleman: Tim Nasional U-16 berhasil comeback atas Vietnam pada laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam, 6 Agustus 2022. Sempat tertinggal 0-1 akibat penalti yang dicetak Nguyen Chong pada menit 41, Indonesia membalas dua gol dari Arkhan menit 52 dan Nabil menit 55. 
 
Di balik itu, pelatih Timnas U-16, Bima Sakti Tukiman berupaya memompa semangat timnya. Selain taktik, ia juga memberikan bisikan.
 
"Saya ngomong, tolong manfaatin kesempatan itu, cepet. Lakukan serangan balik," kata Bima Sakti usai pertandingan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah kesempatan sangat baik buat kalian untuk melaju. Tampil lebih maksimal lagi. Kurangi kesalahan," lanjutnya. 
 
Ucapan Bima Sakti itu bisa diterjemahkan dengan baik. Iqbal Gwijangge dkk. lantas bisa mencetak gol cepat di awal babak kedua. Gol itu tercetak dalam tempo empat menit. 
 
Secara taktik, Bima Sakti memerintahkan timnya main lebih rapat di lini belakang pada babak kedua. Kerapat sektor belakang ini untuk menutup celah tiga pemain depan Vietnam. Saat menyerang, Vietnam berubah jadi lima orang dengan bantuan dua full back. Selain sektor belakang, ia meminta anak asuhnya berinisiatif menyerang lebih dulu di awal ataupun akhir pertandingan. 
 
"Empat pemain belakang babak pertama terlalu longgar karena selalu dilewati. Dia (Vietnam) selalu pakai 3 (pemain) di depan dan dibantu full back. Oleh sebab itu pemain kita 4 harus rapat. Penalti Vietnam terjadi karena bek terlalu lebar," ujarnya. 
 
Hasil ini memastikan Indonesia lolos semifinal. Indonesia menanti calon lawan yakni juata Grup C, antara Myanmar dan Malaysia. Laga semifinal akan digelar 10 Agustus mendatang. 

 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif