Arab Saudi merayakan kemenangan atas Argentina (AFP/Ayman Aref)
Arab Saudi merayakan kemenangan atas Argentina (AFP/Ayman Aref)

Piala Dunia 2022

Deretan Rekor yang Tercipta di Matchday 1 Fase Grup Piala Dunia 2022: Ada Ronaldo dan Anak Presiden!

Gregorius Gelino, Friko Simanjuntak • 27 November 2022 08:00
Jakarta: Piala Dunia 2022 telah merampungkan matchday pertama di babak fase grup. Sebanyak 16 pertandingan telah digelar dan menghasilkan banyak kejutan. Tak hanya itu, sejumlah rekor juga berhasil diciptakan pada pertandingan pertama ini.
 
Dari 16 laga yang dimainkan oleh 32 kontestan yang terbagi dalam delapan grup di putaran pertama fase grup, tercipta 41 gol di mana tujuh gol di antaranya lahir dari titik penalti. Selain itu, tidak ada kartu merah yang dikeluarkan wasit di putaran pertama fase grup ini.
 
Selain fakta di atas, ada juga sejumlah fakta atau rekor yang tercipta pada putaran pertama fase grup Piala Dunia 2022 yang berlangsung mulai 20 November hingga 25 November dini hari WIB. Rekor apa sajakah yang tercipta?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut deretan rekor yang tercipta pada matchday atau putaran pertama fase grup Piala Dunia 2022:
 
1.Qatar Tuan Rumah Pertama yang Takluk di Laga Perdana
Laga pembuka Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Ekuador pada 20 November langsung menghadirkan rekor. Qatar jadi tuan rumah pertama dalam sejarah Piala Dunia yang kalah di laga pembuka, usai takluk 0-2 dari Qatar.
 
2. Jude Bellingham dan Bukayo Saka Cetak Rekor Pencetak Gol Termuda Inggris
Kemenangan 6-2 Inggris atas Iran di laga pembuka Grup B, Senin (21/11) menghadirkan rekor buat Jude Bellingham dan Bukayo Saka.
 
Jude Bellingham yang menyumbang satu gol mencatatkan rekor sebagai pencetak gol termuda kedua dalam sejarah Timnas Inggris. Bellingham yang berusia 19 tahun 145 hari berada di belakang Michael Owen sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Inggris ketika mencetak gol ke gawang Rumania pada 1998. Saat itu usia Owen adalah 18 tahun 190 hari.
 
Selain Bellingham, winger Arsenal Bukayo Saka juga mencatat rekor tersendiri di laga tersebut. Saka yang mengemas dua gol ke gawang Iran, mencatatkan rekor sebagai pencetak brace termuda Inggris, yakni di usia 21 tahun dan 88 hari.
 
3. Gol Pertama Wales Setelah 64 Tahun
Hasil imbang 1-1 yang diraih Wales saat melawan Amerika Serikat di laga perdana Grup B (22/11) sekaligus mengakhiri puasa gol Timnas Wales yang cukup panjang. Eksekusi penalti Gareth Bale merupakan gol pertama Wales setelah menunggu 64 tahun, atau gol ketiga Wales dalam sejarah Piala Dunia.
 
Piala Dunia 2022 merupakan penampilan kedua Wales di ajang Piala Dunia. Sebelumnya, Wales memainkan Piala Dunia pertamanya pada 1958 di Swedia. Pada Piala Dunia 1958, Wales mencetak dua gol lewat John Charles dan Ivor John Allchurch.
 
4. Anak Presiden Pertama yang Cetak Gol
Timothy Weah mencetak rekor yang tampaknya bakal sulit disamai oleh pemain lain. Winger Amerika Serikat itu jadi anak presiden pertama yang sukses mencetak gol di Piala Dunia. Rekor tersebut dicatatkan pemain Lille tersebut saat Amerika Serikat bermain imbang 1-1 melawan Wales.
 
Timothy Weah diketahui merupakan anak dari legenda hidup AC Milan, George Weah yang kini menjabat sebagai Presiden Liberia.
 
5. Argentina untuk Pertama Kali Kalah dari Arab Saudi
Salah satu kejutan besar yang tersaji di matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022 adalah kekalahan Argentina dari Arab Saudi di Grup C (22/11). Sempat unggul lewat penalti Lionel Messi, Argentina dipaksa takluk 1-2 setelah Arab Saudi membalas dua gol di babak kedua lewat Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari.
 
Ini merupakan rekor kekalahan pertama Argentina dari Arab Saudi dalam sejarah pertemuan kedua tim. Sebelumnya Argentina tidak pernah kalah dalam empat pertemuan melawan Arab Saudi. Kekalahan ini sekaligus mengakhiri catatan apik Argentina yang tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan terakhirnya.
 
6. Jerman Dipermalukan Jepang
Selain Argentina, juara dunia empat kali Jerman juga harus menanggung malu di pertandingan pertamanya di Grup E Piala Dunia 2022 (23/11). Tim Panser diluar dugaan takluk dari Jepang 1-2 setelah sebelumnya sempat unggul.
 
Bagi Jerman, kekalahan ini menghadirkan rekor buruk di mana mereka untuk pertama kali kalah dari tim Negeri Matahari Terbit, Jepang. Sebelumnya, dalam dua pertemuan melawan Jepang, Jerman tidak pernah kalah.
 
7. Rekor Gol Cristiano Ronaldo di 5 Edisi Piala Dunia
Kemenangan 3-2 Portugal atas Ghana di laga perdana Grup H menjadi momen spesial buat Cristiano Ronaldo yang menyumbang gol pembuka Portugal lewat titik penalti. Gol tersebut membuatnya mencatatkan rekor sebagai satu-satunya pemain yang sukses mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia.
 
Ronaldo memulai debutnya di Piala Dunia 2006 di mana ia mencetak satu gol. Selanjutnya, ia kembali mencetak satu gol pada Piala Dunia 2010, dan kembali mengoleksi satu gol di Piala Dunia ketiganya pada 2014. Pada Piala Dunia keempatnya di 2018, Ronaldo mengemas empat gol.
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif