Logo Piala Dunia 2022 Qatar-Istimewa
Logo Piala Dunia 2022 Qatar-Istimewa

Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

Catat, Ini Batas Akhir Pengumuman Skuat Final Piala Dunia 2022

Friko Simanjuntak • 29 September 2022 08:39
Jakarta: Piala Dunia 2022 Qatar sudah semakin dekat. Pertandingan pertama rencananya akan digelar pada pada 20 November 2022. Saat ini, setiap pelatih pastinya tengah pusing untuk menentukan pemain-pemain sepak bola terbaik yang akan dibawa ke Qatar nanti.
 
Untuk menentukan siapa pemain yang dibawa dan siapa pemain yang ditinggalkan bukanlah keputusan mudah. Pasalnya, para pemain dipilih berasal dari satu negara yang memiliki banyak talenta-talenta luar biasa.
 
Pertanyaan sekarang, sampai kapan pelatih memiliki waktu memilih para pemain terbaik dan kapan batas terakhir pengumuman nama skuat finalnya. Berapa maksimal jumlah pemain yang bisa mereka bawa ke Piala Dunia 2022?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir dari Sportingnews, sebagian besar timnas diharapkan mengumumkan skuat Piala Dunia mereka dalam empat pekan sebelum turnamen dimulai. Biasanya, beberapa pelatih membuat dua pengumuman terpisah; yang pertama berisi daftar sementara berisi 55 pemain, dan satu lagi daftar skuat final yang berisikan 26 pemain.
 
Merujuk pada timeline yang telah ditetapkan FIFA, setiap timnas wajib merilis daftar skuat sementara mereka berisi 35-55 pemain (4 kiper) paling lambat pada 21 Oktober 2022. Sedangkan skuat final berisi 26 pemain, wajib menyetorkannya ke FIFA maksimal pada 14 November untuk kemudian dipublikasikan FIFA sehari berselang (15/11).
 
Mengingat kemungkinan pemain cedera atau terpapar Covid-19, setiap tim dapat mengganti pemain hingga 24 jam sebelum pertandingan pertama mereka. Namun, pemain yang akan menggantikan pemain cedera/Covid harus berasal dari daftar pemain yang sebelumnya masuk skuat sementara berisi 55 pemain.
 
Maksimal pemain yang bisa dibawa timnas suatu negara di Piala Dunia 2022 adalah 26 pemain. Jumlah ini lebih banyak dibanding skuat Piala Dunia sebelumnya, yakni 23 pemain. Hal ini dilakukan FIFA untuk memberikan fleksibilitas ekstra bagi tim peserta mengingat Piala Dunia 2022 dilangsungkan di tengah berjalannya kompetisi Eropa dan pandemi Covid-19.
 
Tim peserta juga diizinkan memiliki 15 pemain di bangku cadangan untuk setiap pertandingannya, dengan maksimal lima pergantian pemain diizinkan selama pertandingan. Namun, lima pergantian ini harus dilakukan dalam tiga periode pergantian pemain.
 
Berikut deadline atau batas akhir pengumuman skuat Piala Dunia 2022:
21 Oktober 2022: Pengumuman skuat sementara (35-55 pemain)
14 November 2022: Pengumuman skuat final (26 pemain)
15 November: Pengumuman resmi dari FIFA untuk skuat final Piala Dunia 2022
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif