Suasana peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Foto: Dok PSSI)
Suasana peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Foto: Dok PSSI)

Badak Cula Satu jadi Maskot Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kautsar Halim • 18 September 2022 13:58
Jakarta: Badak Jawa bernama “Bacuya” resmi diperkenalkan sebagai maskot Piala Dunia U-20 yang bakal bergulir di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni tahun depan. Bacuya itu sendiri merupakan singkatan dari Badak, Cula, Cahaya.
 
Tampil mengenakan jersey timnas Indonesia berwarna merah putih, Bacuya diperkenalkan untuk pertama kali di hadapan publik dalam acara Car Free Day (CFD) di Jakarta, Minggu 18 September 2022. Acara perkenalannya turut dihadiri seluruh stakeholder, termasuk perwakilan FIFA.
 
"Maskot resmi Piala Dunia U-20 akan menarik penonton yang lebih muda dalam turnamen yang menjadi fondasi kokoh dalam pengembangan bintang muda sepak bola di seluruh dunia," kata Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bacuya akan berperan penting dalam mengajak anak-anak dan keluarga untuk datang ke stadion dan melihat para pesepak bola muda terbaik dunia berkompetisi menuju kejayaan tahun depan," tambahnya.
 
Bacuya merepresentasikan energi dan antusiasme para pemain serta penggemar sepak bola di Indonesia. Energi karakter badak tersebut diharapkan dapat membawa keceriaan dan keseruan kepada para penggemar sepak bola di seluruh Indonesia dan dunia.
 
Bacuya dengan tanduk warna-warni yang menyala melambangkan penjaga talenta muda sekaligus mercusuar untuk masa depan sepak bola, apalagi Piala Dunia U-20 2023 bakal menjadi panggung bagi para talenta terbaik sepak bola untuk menjadi legenda masa depan.
 
FIFA sebelumnya juga telah merilis logo resmi Piala Dunia U-20 2023 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu. Logo tersebut terinspirasi oleh warna bendera Indonesia, laut biru kehijauan, dan arus yang mengalir melalui kepulauannya.
 
"Logonya sudah (mencerminkan) Indonesia sekali sehingga maskotnya juga harus seperti demikian, dan kami terima kasih kepada FIFA karena mau mengakomodir kemauan kami untuk menunjukkan apa yang ada di Indonesia," kata Ketua PSSI Mochamad Iriawan.
 
"Jadi Badak Cula Satu itu hanya ada di Indonesia sehingga itu sudah menjelaskan bahwa Piala Dunia U-20 2023 itu digelar di Indonesia," tambahnya. (ANT)
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif