Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kiri) dan Direktur PPKGBK Winarto saat meninjau GBK Arena yang akan mejadi kantor INAFOC, Jumat (10/7) (Medcom.id/Rendy Renuki H)
Menpora Zainudin Amali (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto (kiri) dan Direktur PPKGBK Winarto saat meninjau GBK Arena yang akan mejadi kantor INAFOC, Jumat (10/7) (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Pembentukan INAFOC Sudah Dapat Restu FIFA

Olahraga Piala Dunia U-20
Rendy Renuki H • 10 Juli 2020 15:21
Jakarta: Pembentukan panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC) sudah mendapatkan restu dari FIFA. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Wakil Ketua INAFOC, Iwan Budianto, Jumat 10 Juli.
 
Menurutnya, PSSI telah berkomunikasi dengan FIFA terkait pembentukan INAFOC. Iwan memastika jika kehadiran INAFOC yang diketuai Menpora Zainudin Amali untuk mengurusi Piala Dunia U-20 2021 tidak melanggar aturan FIFA.
 
"Kami harus sampaikan juga bahwa tangan kami tidak bisa menjangkau kementerian-kementerian, karena itu lah dibentuk INAFOC. Bukan sesuatu yang melanggar, karena ini memang suatu kerja sama dengan pemerintah," kata Iwan Budianto saat ikut meninjau calon kantor INAFOC di GBK Arena, Senayan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga sudah sampaikan ke FIFA. Hampir dua hari sekali zoom meeting dengan FIFA, semuanya kita update dan berta-berita yang teman-teman masukan itu worldwide, mereka (FIFA) bisa lihat juga berita yang keluar dari sini," sambungnya.
 
Nantinya, INAFOC akan dihuni sejumlah pihak dari berbagai unsur. Tak hanya PSSI dan Kemenpora, struktur kepengurusan INAFOC akan diisi oleh kementerian dan lembaga lainnya macam Kementeria PUPR serta TNI dan Polri.
 
Namun struktur kepengurusan INAFOC saat ini masih menunggu arahan dari FIFA. Setelah itu barulah Menpora selaku Ketua INAFOC akan memasukkan nama yang bertugas di dalamnya.
 
"Jadi yang sekarang dibuatkan organisasi itu sebenarnya untuk komunikasi kami (PSSI) dengan kementerian tapi kami juga harus minta izin sama FIFA kan. PSSI selaku federasi harus menjaga integritas, tidak mau juga PSSI dianggap tidak kapabel," tutur Iwan Budianto.
 
"Soal tugas, tidak ada pembagian tugas. Kami sama-sama buat kesuksesan ini, banyak yang harus dikoordinasikan dalam ini karena ini kan melibatkan banyak pihak, Kementerian, Gubernur atau kepala daerah tempat venue itu berada. Kami kerja sama pokoknya," pungkas bos Area FC tersebut.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif