Penyerang Jerman, Niclas Fuellkrug, membobol gawang Spanyol (AFP/Christian Charisius)
Penyerang Jerman, Niclas Fuellkrug, membobol gawang Spanyol (AFP/Christian Charisius)

Piala Dunia 2022

Diimbangi Spanyol, Posisi Jerman di Ujung Tanduk

Gregorius Gelino • 28 November 2022 04:25
Doha: Peluang Jerman untuk melaju ke babak gugur Piala Dunia 2022 semakin tipis setelah hanya bisa bermain imbang dengan Spanyol pada laga kedua babak grup yang digelar Senin, 28 November, dini hari tadi. Jerman mengimbangi Spanyol dengan skor 1-1.
 
Spanyol mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan mengancam gawang Jerman pada menit keenam. Untungnya Manuel Neuer bisa mengamankan gawangnya dari ancaman Dani Olmo.
 
Tak mau kecolongan, Jerman menekan Spanyol dengan pressing intens. Tapi, Spanyol bisa melewati tekanan Jerman lewat kombinasi umpan apik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suporter Jerman sempat bersorak pada menit ke-40 setelah Antonio Ruediger menggetarkan gawang Spanyol. Namun, gol tersebut dianulir karena Ruediger lebih dulu terperangkap offside.
 
Memasuki babak kedua, Spanyol mulai kewalahan menghadapi tekanan Jerman. Bahkan, Spanyol nyaris kebobolan setelah umpan Unai Simon dipotong Ilkay Guendogan.
 
Guendogan dengan cepat mengirim umpan ke arah Joshua Kimmich yang berdiri bebas. Untungnya Simon membayar kesalahannya dengan menghalau peluang emas Kimmich.
 
Tapi, justru Spanyol yang bisa unggul lebih dulu pada menit ke-62. Alvaro Morata berhasil melepaskan diri dari kawalan pemain Jerman untuk menyambut umpan silang Jordi Alba dengan tembakan first time yang menggetarkan gawang Neuer.
 
Tak ingin kehilangan kans ke fase gugur, Jerman makin gencar menekan Spanyol. Hasilnya, mereka berhasil menyamakan skor pada menit ke-83 lewat gol Niclas Fuellkrug memanfaatkan umpan Jamal Musiala.
 
Sayangnya, Jerman tak bisa mencetak gol tambahan hingga wasit meniup peluit panjang. Alhasil, Jerman tetap terbenam di dasar klasemen grup E dengan satu angka dari dua laga, sedangkan Spanyol memimpin dengan empat angka dari dua laga.
 
Jerman perlu meraih kemenangan pada laga pamungkas kontra Kosta Rika untuk menjaga peluang ke babak 16 besar. Sambil berharap Spanyol mengalahkan Jepang pada laga terakhir.
 
Susunan pemain:
Spanyol: Simon; Carvajal, Rodri, Laporte, Alba (Balde 82'); Gavi (Nico 66'), Busquets, Pedri; Torres (Morata 54'), Asensio (Koke 66'), Olmo
 
Jerman: Neuer; Kehrer, Suele, Ruediger, Raum (Schlotterbeck 87'); Kimmich, Goretzka; Gnabry (Hofmann 85'), Guendogan (Sane 70'), Musiala; Mueller (Fuellkrug 70')
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif