Skuat Jepang usai mengalahkan Spanyol 2-1-Foto AFP
Skuat Jepang usai mengalahkan Spanyol 2-1-Foto AFP

Piala Dunia 2022

Luar Biasa, Jepang Kalahkan Spanyol Sekaligus Singkirkan Jerman

rizkiyanuardi • 02 Desember 2022 04:17
Al Rayyan: Drama sekaligus kejutan mewarnai kelolosan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Bertanding menghadapi Spanyol, pasukan Samurai Biru sukses melakukan comeback di babak kedua dan memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 di Stadion Khalifa International Stadium. Al Rayyan, Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB.
 
Menang, Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E. Sementara Spanyol berada di peringkat kedua. Di laga lainnya, kemenangan Jerman atas Kosta Rika 2-4 di waktu bersamaan, tak cukup menolong Jerman. Tragis, karena Jerman tim yang diunggulkan. Kekalahan atas Jepang di laga perdana Grup E, menjadi biang kegagalan tim Panser melaju.
 
Jalannya laga, pada menit ketujuh Jepang sudah mendapat peluang lebih dulu.melalui Junya Ito. Sayang bola masih menyamping dari gawang Spanyol yang dijaga Unia Simon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak lama Spanyol membalas lewat sundulan Alvaro Morata. Menerima umpan Olmo pada menit 9, sundulan Morata masih lemah dan tepat di pelukkan kiper Jepang Gonda.
 
Spanyol yang terus mengurung Jepang dengan gaya tiki takanya akhirnya bisa membuahkan hasil. Pada menit 11, Alvaro Morata yang menerima assist César Azpilicueta sukses menanduk bola di antara pemain belakang Jepang. Skor 0-1, Samurai Biru sementara tertinggal.
 
Pemain Spanyol lebih banyak menguasai bola dibanding pasukan Samurai Biru, julukkan Jepang. Penguasaan bola La Furia Roja jauh mengungguli Jepang hingga di angka 83 persen.
 
Hingga setengah jam, belum ada peluang berarti diciptakan kedua tim. Tempo permainan kedua tim sedang-sedang saja.
 
Di sisa waktu, tak ada gol tercipta bagi Jepang dan Spanyol. Sementara, hasil babak pertama di laga lain yang berlangsung bersamaan, Jerman sementara unggul dari Kosta Rika lewat gol yang dicetak Serge Gnabry menit 10.
 
Babak kedua, Spanyol masih banyak menguasai bola dibanding Jepang. Hanya saja keberanian Spanyol memainkan bola di pertahanan sendiri harus dibayar mahal.
 
Berawal dari kesalahan pemain Spanyol Alejandro Balde, bola direbut Ito yang memberikan bola ke Ritsu Doan. Lewat penetrasi menawan, Doan yang baru masuk menggantikan Takefusa Kubo di babak kedua, menuntaskannya dengan tendangan keras kaki kiri untuk menaklukkan Unai. Skor menjadi 1-1.
 
Terkejut dengan gol Doan, Spanyol harus kebobolan lagi tiga menit kemudian. Kali ini Tanaka yang mencatatkan namanya di pana skor. Gol sempat ditinjau dari VAR, dan wasit tetap mengesahkan sebagai gol. Dua gol dicetak dalam waktu tiga menit, comeback luar biasa Samurai Biru di babak kedua. Jepang berbalik unggul 2-1 pada menit 58.
 
Tertinggal, La Furia Roja memasukkan sejumlah pemain, Morata ditarik keluar. Luis Enrique memasukkan Marco Asensio.
 
Penguasaan bola hingga laga berjalan satu jam lebih berimbang, dengan keunggulan sementara Jepang atas Spanyol.
 
Menit 70, sukses memotong umpan pemain Spanyol, pemain Jepang kembali mengancam gawang Unai Simon. Sayang umpan terukur di mulut gawang, gagal dimaksimalkan Asano.
 
Hingga laga tersisa 10 menit waktu normal, tim Matador berusaha mengurung kembali pertahanan Jepang. Namun rapatnya barisan pertahanan Jepang cukup menyulitkan pemain Spanyol merangsek sampai depan gawang.
 
Asensio dan Olmo nyaris menyamakan kedudukan dalam waktu berdekatan. Aksi Gonda di bawah mistar gawang menyelamatkan Jepang dari kebobolan. Pasalnya di laga lainnya, Jerman sukses membalikkan keadaan menjadi 2-4 setelah sempat tertinggal 2-1 di awal-awal babak kedua dari Kosta Rika.
 
Jika Spanyol bisa mencetak gol dan menyamakan skor, maka Jepang dipastikan tersingkir karena kalah produktivitas gol.
 
Drama tersaji di matchday terakhir Grup E. Skor 2-1 tetap bertahan untuk Jepang, dipastikan salah satu favorit juara Jerman, harus angkat koper lebih awal. Kekalahan atas Jepang di laga awal menjadi kunci tersingkirnya tim Panser dari Piala Dunia 2022 Qatar.
 
Lolos ke babak 16 besar, Jepang akan bersua Kroasia sebagai runner up Grup F. Sementara Spanyol akan berhadapan dengan tim kuda hitam lainnya, Maroko, yang sukses menjuarai Grup F. Di laga sebelumnya Maroko mengalahkan Belgia dengan skor meyakinkan 2-0.
 
Susunan pemain:
Jepang (3-4-3) 12-S. Gonda, 22-M. Yoshida, 5-Y. Nagatomo (Mitoma 46'), 3-S. Taniguchi, 4-K. Itakura, 15-D. Kamada, 17-A. Tanaka (Endo 85'), 11-T. Kubo (Doan 46'), 13-H. Morita, 14-J. Ito, 25-D. Maeda (Asano 62'). Pelatih: H. Moriyasu.
 
Spanyol (4-3-3): 23-Unai Simón, 2-César Azpilicueta (Carvajal 46'), 4-Pau Torres, 14-Alejandro Balde (Alba 65'), 5-Sergio Busquets, 21-Dani Olmo, 16-Rodri, 26-Pedri, 9-    Gavi (A Fati 65'), 7-Álvaro Morata (Asensio 57'), 12-Nico Williams (Ferran 57'). Pelatih: Luis Enrique
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif