Luca Modric-Foto Istimewa
Luca Modric-Foto Istimewa

Soccertainment

8 Calon Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 (Bagian 1)

Friko Simanjuntak • 25 Agustus 2022 07:19
Jakarta: Piala Dunia 2022 Qatar merupakan panggung tertinggi bagi seorang pemain sepak bola untuk memberikan penampilan terbaiknya. Tak hanya pemain muda, pemain senior yang sudah mendekati akhir kariernya juga berharap dipercaya memberikan kontribusinya.
 
Piala Dunia 2022 yang bergulir mulai 20 November 2022 bisa menjadi panggung terakhir bagi beberapa pemain. Faktor usia dan ajang Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali, menjadi salah satu tolok ukurnya. Para pemain berusia 35 tahun atau lebih sangat berpotensi menjalani Piala Dunia terakhirnya di Qatar nanti.
 
Dalam sejarahnya, ada beberapa pemain yang beruntung bisa tampil di ajang Piala Dunia kendati usianya sudah memasuki 40 tahun, bahkan lebih. Sejauh ini rekor pemain tertua yang tampil di Piala Dunia dipegang kiper Timnas Mesir Essam El Hadary yang tampil di Piala Dunia 2018 pada usia 45 tahun, 5 bulan dan 10 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rekor tersebut dipastikan belum terpecahkan di Piala Dunia 2022. Pasalnya, dari 32 tim yang akan tampil di Qatar nanti, tidak ada pemain yang usianya melebihi 45 tahun.
 
Kendati demikian, ada beberapa pemain usia tua yang kemungkinan bakal tampil di Piala Dunia 2022 yang juga akan jadi Piala Dunia terakhirnya. Bahkan ada yang berlabel bintang, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
 
Ronaldo (37) dan Messi (35) kemungkinan besar melakoni Piala Dunia terakhirnya di Qatar nanti. Pada Piala Dunia edisi berikutnya, empat tahun mendatang, peluang keduanya kembali dipercaya memperkuat negaranya di Piala Dunia sangat kecil.
 
Selain Ronaldo dan Messi, siapa sajakah pemain-pemain berusia tua yang akan memainkan Piala Dunia terakhirnya di Qatar nanti?
 
Berdasarkan negara-negara yang lolos dan skuat yang ditampilkan di babak kualifikasi, kita bisa memprediksi siapa-siapa saja pemain tertua yang akan tampil di Piala Dunia nanti. Kami menghitung usia pemain saat kick off Piala Dunia 2022 digulirkan yakni pada 20 November 2022:
 
Berikut 8 calon pemain tertua di Piala Dunia 2022 (bagian 1):
 
8. Olivier Giroud (Prancis) – 36 Tahun, 1 bulan, 21 hari
 
Sejak Euro 2020, nama Olivier Giroud memang tidak dimasukkan Didier Deschamps dalam skuat Timnas Prancis. Penyerang AC Milan itu juga tidak masuk dalam skuat Les Blues yang tampil di UEFA Nation League, Juni lalu.
 
Namun, pada tahun 2022 ini Giroud sempat dua kali dipercaya tampil memperkuat Timnas Prancis di ajang uji coba internasional, yakni pada Maret lalu. Hebatnya, di dua pertandingan tersebut Giroud masih mampu membuktikan ketajamannya di mana ia masing-masing mencetak satu gol ke gawang Pantai Gading (menang 2-1) dan Afrika Selatan (menang 5-0).
 
8 Calon Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 (Bagian 1)
Di level klub, Olivier Giroud masih menjadi pilihan utama di AC Milan. Pada musim lalu, ia mengemas 14 gol dalam 38 laga dan membantu Rossoneri keluar sebagai juara Liga Italia Serie A musim 2021/2022.
 
Jelang Piala Dunia 2022 nanti, Giroud harus bersaing dengan Kylian Mbappe, Karim Benzema dan Wissam Ben Yedder yang sejauh ini masih menjadi pilihan utama Didier Deschamps di lini depan.
 
7. Manuel Neuer (Jerman) – 36 tahun, 7 bulan, 24 hari
 
Jika tidak diterpa cedera, Manuel Neuer hampir bisa dipastikan bakal ikut dalam skuat Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Pasalnya, hingga kini ia masih menjadi andalan pelatih Hansi Flick dan kapten tim Panser Jerman.
 
Neuer masih menjadi pilihan utama Jerman di kualifikasi dan juga di ajang UEFA Nation League Juni lalu. Posisinya di bawah mistar Bayern Muenchen juga belum tegoyahkan. Selain Neuer, dua kiper lain mungkin dibawa Flick ke Piala Dunia 2022 adalah Kevin Trapp (Eintrach Frankfurt) dan kiper Hoffenheim, Oliver Baumann.
 
8 Calon Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 (Bagian 1)
 
Jika masuk skuat, ini akan jadi Piala Dunia keempat Neuer. Sebelumnya, ia telah bermain di Piala Dunia 2010, Piala Dunia 2014 dan Piala Dunia 2018.
 
6. Luka Modric (Kroasia) – 37 tahun, 2 bulan, 6 hari
 
Sosok Luka Modric belum tergantikan di skuat Kroasia. Di usianya yang tak lagi muda, gelandang Real Madrid ini bahkan masih dipercaya pelatih Zlatko Dalic sebagai kapten.
 
Hampir bisa dipastikan Modric akan kembali jadi andalan Kroasia di Piala Dunia 2022, atau Piala Dunia kelimanya. Musim lalu ia menjadi salah satu aktor penting di balik kesuksesan Real Madrid juara La Liga dan Liga Champions.
8 Calon Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 (Bagian 1)
Publik Kroasia tentunya berharap Modric bisa kembali mengeluarkan magisnya seperti ketika membawa Kroasia melaju hingga final Piala Dunia 2018 lalu, yang kemudian membuatnya meraih Ballon d’Or. Pada kick off nanti, Modric berusia 37 tahun 7 bulan dan 24 hari.
 
5. Raul Albiol (Spanyol) 37 tahun, 2 bulan, 16 hari
 
Peluang Raul Albiol untuk tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar cukup kecil, mengingat ia terakhir kali membela Timnas Spanyol pada September 2021 lalu. Albiol tidak lagi jadi pilihan Luis Enrique sejak terakhir kali tampil saat Spanyol menang 2-0 atas Kosovo di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.
 
Enrique lebih mengandalkan Pau Torres dan Inigo Martinez sebagai pilihan utama di jantung pertahanan Spanyol. Sementara dua pelapisnya adalah Eric Garcia dan bek Leeds United, Diego Llorente.
8 Calon Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 (Bagian 1)
Kendati demikian, bukan tak mungkin Albiol akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Terlebih, dalam dua musim terakhir ini ia tampil cukup konsisten bersama klubnya Villarreal. Di musim 2020/2021, Albiol membawa Kapal Selam Kuning melaju hingga final Liga Europa dan memuncaki klasemen sementara La Liga musim ini.
 
Sepanjang kariernya, Albiol sudah dua kali merasakan atmosfer Piala Dunia, yakni pada 2010 dan 2014. Namun, pada Piala Dunia 2010 ketika Spanyol jadi juara, Albiol sama sekali tidak bermain karena mengalami cedera saat menjalani sesi latihan.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif