Remo Freuler (kiri)-Foto AFP
Remo Freuler (kiri)-Foto AFP

Piala Dunia 2022

Comeback Gemilang, Swiss Dampingi Brasil ke Babak 16 Besar

rizkiyanuardi • 03 Desember 2022 05:42
Doha: Swiss lolos ke babak 16 besar dan berhak mendampingi Brasil usai menang 2-3 atas Serbia pada matchday terakhir Grup G Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion 974, Doha, Qatarm Sabtu 3 Desember 2022 dini hari WIB.
 
Sempat unggul lebih dulu atas gol Xherdan Shaqiri pada menit 20, Serbia berbalik unggul lewat gol Mitrovic menit 26  dan Dusan Vlahovic menit 35. Sebelum jeda, Swiss sukses melesakkan gol penyeimbang yang dicetak Embolo.
 
Gol penentu kemenangan Swiss dicetak pada awal babak kedua oleh Remo Freuler. Skor 2-3 menjadi hasil akhir kedua tim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menang, Swiss lolos sebagai runner up Grup G di bawah Brasil. Sama-sama memiliki poin 6, Tim Samba yang pada laga terakhir kalah dari Kamerun unggul selisih gol dari Swiss.
 
Sementara, Serbia yang sebelum laga memiliki kans lolos dengan catatan harus mengalahkan Swiss, serta Kamerun kalah atau imbang dari Brasil, harus puas di posisi juru kunci dengan poin 1. Wakil Afrika Kamerun finis di urutan ketiga dengan poin 4.
 
Sejak kick off, kedua tim yang membutuhkan kemenangan itu langsung bermain terbuka. Swiss mendapat peluang saat laga baru berjalan semenit. Sayang, aksi pemain Swiss masih digagalkan kiper Serbia Milinkovic Savic.
 
Respons diberikan pemain Serbia. Sundulan Milankovic menit 5 masih melenceng di sisi kanan gawang Swiss yang dijaga Gregor Kobel. Pun begitu dengan tendangan keras Zivkovic dari luar kotak penalti hanya mengenai mistar gawang Swiss.
 
Xherdan Shaqiri justru mencetak gol lebih dulu pada menit 20. Menerima umpan Jibril Sow, pemain kidal tersebut sukses mengeksekusi bola ke pojok kiri gawang Savic. Skor 0-1 untuk Swiss.
 
Tertinggal, Serbia lebih meningkatkan lagi intensitas permainan. Hasilnya, Serbia membalas lewat gol Mitrovic pada menit 26 Menerima umpan dari sisi kanan pertahanan Swiss, Mitrovic sukses mencetak gol dengan sundulan. Skor menjadi 1-1.
 
Sepuluh menit kemudian, Swiss justru tertinggal. Gol kedua Serbia dicetak Vlahovic dengan sepakan terukur kaki kiri. Bola datar mengarah ke sudut kiri tanpa bisa dihalau Kobel. Serbia unggul 2-1.
 
Di pengujung laga, Embolo sukses membuat skor kembali imbang. Mendapat bola di mulut gawang Serbia, striker keturunan Kamerun itu sukses menaklukkan M Savic untuk kali kedua. Skor 2-2 bertahan hingga jeda.
 
Babak kedua, Swiss membutuhkan waktu tiga menit untuk berbalik unggul lewat gol yang dicetak Freuler. Menerima umpan Vergas di kotak penalti Serbia, Freuler dengan dingin mengeksekusi bola tanpa bisa dihalau Savic. Skor 2-3 untuk keunggulan Swiss.
 
Di sisa laga, kedua tim tak mengendurkan tempo permainan. Namun hasil 2-3 tetap menjadi hasil akhir untuk kemenangan Swiss.
 
Menang, Swiss berhak mendampingi Brasil menuju babak 16 besar dan mengirim pulang Serbia serta Kamerun. Di babak 16 besar, Swiss sebagai runner up Grup G akan ditantang Portugal sebagai juara Grup H.
 
Sementara tim Samba Brasil akan menghadapi Korea Selatan, yang dilaga terakhirnya mengalahkan Portugal dan lolos sebagai runner up Grup H.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif