Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Piala Dunia U-20 2023 Mulai Bergulir saat Harkitnas, Ini Harapan Besar Ketum PSSI

Patrick Pinaria • 24 Juni 2022 17:58
Jakarta: Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sudah menetapkan tanggal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia. Induk sepak bola dunia tersebut memilih turnamen itu digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.
 
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut positif penetapan jadwal Piala Dunia U-20 2023 tersebut. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun senang karena turnamen tersebut dimulai pada 20 Mei 2023 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).
 
"Tanggal 20 Mei 2023 yang menjadi momen 'kick off' Piala Dunia U-20 merupakan tanggal penting bagi bangsa Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Turnamen itu bisa menjadi momen kebangkitan bangsa Indonesia melalui sepak bola," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari situs resmi asosiasi pada Jumat, 24 Juni 2022.

Harapan PSSI

Iriawan juga berharap penyelenggaraan Piala Dunia bisa memberikan dampak positif untuk Indonesia. Dimulai dari sisi olahraga hingga nonolahraga seperti ekonomi dan sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Optimisme juga dilontarkan Sekretari Jenderal PSSI Yunus Nusi. Ia memastikan pihaknya bersama pemerintah siap menyukseskan turnamen ini.
 
"Insya Allah kita mampu dan sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 FIFA tahun 2023 nanti," kata Yunus Nusi.
 
Baca: Resmi, Piala Dunia U-20 2023 Mulai Bergulir saat Harkitnas 
 
Pada saat bersamaan, Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita mengungkapkan harapan besarnya terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Ia menilai turnamen ini menjadi kesempatan untuk Indonesia menunjukkan jati diri yang sebenarnya di level internasional.
 
"Indonesia adalah negara besar yang siap bangkit dan menunjukkan jati diri yang sesungguhnya kepada dunia. Seperti raksasa yang bangkit dari tidurnya. Panitia lokal akan terus berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah, khususnya persiapan infrastruktur dan persiapan penyelenggaraan," tutur Ira selaku Lead Project Panitia Lokal Piala Dunia U-20 FIFA.
 
Sebelumnya, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, turnamen terpaksa batal digelar. Pembatalan ini merupakan dampak dari pandemi covid-19.
 
Namun, FIFA masih mempercayakan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada edisi selanjutnya yang digelar pada 2023. FIFA pun menilai Indonesia sudah layak menggelar turnamen ini setelah melakukan pengecekan ke enam stadion yang akan menjadi arena bertanding.
 
Keenam stadion itu di antaranya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif