Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (AFP/Josep Lago)
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (AFP/Josep Lago)

Soccertainment

Ronaldo Atau Messi, Siapa Pencetak Hattrick Terbanyak di Liga Champions?

Gregorius Gelino, Friko Simanjuntak • 11 September 2022 18:00
Jakarta: Kompetisi paling elite di benua Eropa, Liga Champions 2022-2023 sudah bergulir mulai tengah pekan lalu (6/9). Sejumlah pemain baru langsung unjuk gigi bersama klub barunya di musim ini.
 
Liga Champions adalah kompetisi antar klub-klub terbaik di Benua Biru yang tentunya melibatkan pemain-pemain terbaik di dalamnya. Tak ayal, gol-gol indah dan rekor-rekor ciamik pun ditorehkan sejumlah pemain.
 
Robert Lewandowski adalah salah satu pemain yang berhasil menorehkan tinta emas pada awal penampilannya bersama klub barunya Barcelona di Liga Champions musim ini. Eks penyerang Bayern Munich tersebut langsung mencetak hattrick dalam debutnya bersama Blaugrana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Lewandowski, ini adalah hattrick keenam yang dilesakkannya di panggung Liga Champions. Untuk saat ini, rekor tersebut menempatkan striker andalan Timnas Polandia di Piala Dunia 2022 nanti itu di posisi tiga. Lantas, siapakah pemain yang jumlah hattrick-nya lebih banyak dari Lewandowski?
 
Berikut 5 Pemain dengan jumlah hattrick terbanyak dalam sejarah Liga Champions:
 
5. Mario Gomez (3 hattrick di Liga Champions)
 
Mario Gomez adalah salah satu striker paling underrated di generasinya. Dia adalah pencetak gol yang hebat dan memiliki karier yang cukup masyhur. Dengan posturnya yang jangkung, Gomez nyatanya tak hanya jadi ancaman dalam duel udara, tapi juga bisa menembak dengan kedua kakinya. Karier gemilangnya di Liga Champions terjadi saat memperkuat Bayern Munich (2009-2013).
 
Gomez mempelopori serangan Bayern dan menjadi pusat perhatian lawan di sepertiga akhir saat Arjen Robben dan Franck Ribbery membuat kekacauan di sisi sayap. Mantan pemain internasional Jerman itu mencetak tiga hattrick di Liga Champions dan semuanya dicetak saat berkostum FC Hollywood –julukan Bayern.
 
Selama kariernya, Mario Gomez memainkan 44 penampilan di Liga Champions. Gomez mencetak 26 gol (6 assist) dan meraih satu gelar Liga Champions yakni pada musim 2012-2013.
 
4. Karim Benzema (4 hattrick di Liga Champions)
 
Karim Benzema adalah salah satu striker terbaik di generasinya. Pemain Prancis itu memiliki karier yang luar biasa selama lebih dari satu dekade bersama Real Madrid. Bahkan, saat kini usianya sudah 34 tahun, ia masih mampu menunjukkan performa fenomenal.
 
Benzema telah mencetak empat hattrick di Liga Champions dan keempatnya untuk Real Madrid. Hebatnya dua di antaranya ia cetak tahun lalu. Benzema mencetak tiga gol saat Madrid melibas PSG (16 besar) dan Chelsea (di perempat final). Penampilan impresif Benzema semakin lengkap setelah Madrid keluar sebagai juara dan dia dinobatkan sebagai pemain terbaik UEFA.
 
Musim ini, Benzema masih jadi andalan Real Madrid dan tidak menutup kemungkinan jumlah hattricknya di Liga Champions akan bertambah.
 
3. Robert Lewandowski (6 hattrick di Liga Champions)
 
Robert Lewandowski telah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker paling elite di era sepak bola modern. Pemain internasional Polandia ini juga salah satu striker paling produktif sepanjang masa. Dia meraih trofi sepatu emas (topskor) Eropa dalam dua musim terakhir.
 
Lewandowski, yang bergabung dengan Barcelona dari Bayern Munich musim panas ini, telah mencetak enam hattrick di Liga Champions. Dan catatan impresif itu ditorehkannya bersama tiga klub berbeda.
 
Dia mencetak hattrick pertamanya di Liga Champions bersama Borussia Dortmund. Lewandowski kemudian menambah empat hattrick saat membela Bayern Munich. Dan terkini,  pemain berusia 34 tahun itu mencetak hattrick dalam debutnya di Liga Champions untuk Barcelona melawan Victoria Plzen pada 7 September.
 
Sama seperti Benzema, Lewandowski masih menjadi ancaman serius di depan gawang lawan, dan jadi ancaman untuk dua pemain yang berada di atasnya (dalam daftar pencetak hattrick terbanyak).
 
1. Cristiano Ronaldo (8 hattrick Liga Champions)
 
Cristiano Ronaldo yang juga dikenal sebagai 'Mr. Liga Champions', adalah pencetak gol terbanyak dalam kompetisi elite ini. Dia telah mencetak 140 gol dalam 183 penampilan di kompetisi dan telah memenangkan gelar Liga Champions sebanyak lima kali dalam kariernya.
 
Soal koleksi hattricknya, Ronaldo sudah delapan kali mencetak tiga gol dalam satu pertandingan Liga Champions. Bersama Real Madrid, CR7 sukses mencatatkan tujuh hattrick. Sedangkan satu lainnya dibukukannya bersama Juventus.
 
Selain rekor gol terbanyak di Liga Champions, Ronaldo juga mencatatkan rekor sebagai pencetak hattrick terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Champions. Ronaldo tiga kali mencetak hattrick pada musim 2015-2016 bersama Real Madrid.
 
Sayangnya, untuk musim ini Ronaldo dipastikan tidak bisa menambah koleksi hattricknya. Pasalnya, klubnya saat ini Manchester United tidak berlaga di Liga Champions, tapi di kasta kedua, Liga Europa.
 
1. Lionel Messi (8 hattrick Liga Champions)
 
Untuk urusan rekor pencetak hattrick terbanyak di Liga Champions, Lionel Messi memiliki jumlah yang sama dengan Cristiano Ronaldo. La Pulga juga sudah mencatatkan delapan hattrick di panggung Liga Champions.
 
Selain itu, Messi juga memegang rekor sebagai pencetak hattrick terbanyak di Liga Champions untuk satu klub. Ya, delapan hattrick yang dilesakkan Messi semuanya ditorehkan saat berkostum Barcelona.
 
Selama kiprahnya di Liga Champions hingga musim ini, Messi sudah mencatatkan 125 gol dalam 147 laga Liga Champions. Jumlah ini menempatkan Messi di posisi dua dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions, terpaut 15 gol dari Cristiano Ronaldo.
 
Namun demikian, Messi setidaknya bisa memangkas selisih tersebut lantaran musim ini ia masih berlaga di Liga Champions bersama Paris Saint Germain. Dan satu hal lagi, Messi berpotensi mengukuhkan diri sebagai pencetak hattrick terbanyak di Liga Champions lantaran musim ini Ronaldo harus absen di kompetisi paling elite benua biru itu.
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif