Bernardo Silva-Foto AFP
Bernardo Silva-Foto AFP

Leg 1 Semifinal Liga Champions

Liga Champions: Hujan Gol di Etihad, City Menang 4-3 atas Madrid

Olahraga liga champions sepak bola Real Madrid Manchester City
rizkiyanuardi • 27 April 2022 05:23
Manchester: Hujan gol terjadi pada semifinal leg pertama Liga Champions antara Manchester City kontra Real Madrid di Stadion Etihad, Manchester, Rabu 27 April 2022 dini hari WIB, Kedua tim sukses menciptakan tujuh gol, dengan skor akhir 4-3 untuk keunggulan The Citizen.
 
Bermain di hadapan publik Etihad, City dengan penguasaan bolanya mampu mengontrol jalannya laga sejak menit-menit awal. Pada menit ke 2, umpan Riyad Mahrez ke jantung pertahanan Los Blancos mampu dikonversi lewat gol Bruyne dengan sundulan kepalanya. Skor 1-0 cukup mengejutkan anak asuh Carlo Ancelotti.
 
Unggul cepat, tuan rumah Man City terus menekan pemain Madrid dengan memainkan bola dari kaki ke kaki dengan apik. Di saat Madrid belum menemukan permainan terbaiknya, The Citizen kembali unggul lewat aksi Gabriel Jesus pada menit 10.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berawal dari aksi dua pemain City, Foden dan Bruyne di sisi kanan pertahanan Madrid, De Bruyne mengakhirinya dengan umpan ke kotak penalti, yang melihat Gabriel Jesus bergerak bebas. Jesus berhasil mengelabuhi David Alaba dengan sekali kontrol, sebelum melepaskan tembakan keras kaki kanan yang menaklukkan Thibout Courtois. Skor 2-0 untuk The Citizen.
 
Tertinggal dua gol, Madrid masih kesulitan mengembangkan permainan. Upaya Vinicius Junior kandas sebelum mendekati daerah pertahanan Man City. Bahkan menit ke 25, Mahrez nyaris membuat gol ketiga City, seandainya sepakannya tepat sasaran.
 
Pun begitu dengan upaya Foden pada menit 29. Upayanya masih menyamping dari sisi gawang Madrid. Berawal dari serangan balik cepat, Madrid yang hanya menyisakan dua pemain di lini belakang nyaris tak berdaya. Sayang, tendangan Foden juga masih tipis di sisi gawang Madrid.
 
Los Blancos mulai merepons lewat sundulan David Alaba usai menerima umpan Karim Benzema pada menit 30. Namun tandukan bek Madrid tersebut masih tipis di sisi kiri gawang Ederson.
 
Akhirnya menit ke 33, gol balasan Madrid ke gawang tuan rumah terjadi. Persis seperti gol Bruyne dan Jesus untuk City, Benzema yang bergerak mendahului bek City di kotak penalti, sukses mengkonversi umpan Ferland Mendy dengan melepaskan tendangan kaki kiri menaklukkan Ederson. Skor menipis menjadi 2-1.
 
Madrid mulai bisa keluar dari tekanan. Usaha Rodrygo dua menit berselang setelah gol Benzema, nyaris membuat skor menjadi imbang 2-2. Sayang sepakannya dari jarak dekat masih bisa diblok Ederson. Laga mulai berimbang.
 
Pep Guardiola mengganti bek John Stones pada menit 39, yang cedera dengan memasukkan Fernandinho untuk memperkuat The Citizen. Namun hingga jeda, tak ada lagi gol tambahan untuk kedua tim. Tuan rumah Man City unggul atas tamunya Real Madrid dengan skor 2-1.
 
Babak kedua, saat laga berjalan dua menit, City nyaris menjauh dengan gol cepat. Namun, upaya Mahrez yang kecepatannya mengungguli bek Madrid diakhiri dengan sepakan terukur kaki kiri masih diselamatkan tiang gawang. Bola rebound Foden juga masih bisa dihalau Dani Carvajal.
 
Dari kesalahan pemain Madrid, pemain City merebut bola dan berhasil memberikan umpan cepat ke Fernandinho. Pemain yang menggantikan Stones itu sukses melepaskan umpan yang sukses ditanduk Foden dalam posisi tak terkawal. Skor menjauh 3-1 untuk City pada menit 53,
 
Tersentak, Madrid langsung bangkit. Lewat skema serangan balik, aksi menawan Vinicius Junior mengelabuhi Fernandinho, ditutup dengan placing menaklukkan Ederson, meski sempat diganggu bek City. Gol Junior membuat skor menipis menjadi 3-2 pada menit ke 55.
 
Upaya City kembali jauh masih gagal lewat sepakan Laporte pada menit 66. Berawal dari umpan Zhincenko ke jantung pertahanan Madrid, sepakan kaki kiri Laporte masih bisa diselamatkan kaki Courtois.
 
Entrenador Madrid, Carlo Ancelotti memasukkan Eduardo Camavinga untuk menambah gaya gedor dengan menarik keluar Rodrygo pada menit 70.
 
Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Los Blancos kembali kebobolan pada menit 74. Mengira ada pelanggaran Kross terhadap Zinchenko, bola dikuasai Bernardo Silva yang dari sudut sempit melepaskan sepakan tanpa bisa dihalau Courtois. Skor menjauh menjadi 4-2 untuk City,
 
The Citizen seperti mengamuk di hadapan publiknya. Mahrez nyaris membuat skor menjauh lagi. Lolos di kotak penalti, Mahrez melepaskan tendangan dari sudut sempit. Sayang bola mengarah keluar dari garis gawang. Pekerjaan rumah yang cukup lumayan buat Madrid di leg kedua nanti.
 
Akhirnya, Los Blancos mendapat keuntungan dengan penalti yang diberikan wasit pada menit 82. Berawal dari freekick di pertahanan City, bola tersentuh tangan Laporte di kotak terlarang. Eksekusi Karim Benzema dengan teknik Panenka sukses membuat skor menipis menjadi 4-3.
 
Hujan gol terjadi di Etihad. Tujuh gol sudah tercipta. City tak mengendurkan serangan. Dua kali upaya Diaz yang merangsek ke kotak penalti luput mengenai bola dan gagal menjadi gol. Wasit asal Rumania Istvan Kovacs meniup peluit panjang. Tak ada lagi gol tambahan untuk kedua tim.
 
Leg kedua semifinal akan tersaji di Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid pada Rabu 4 Mei 2022 pekan depan. Dipastikan laga sengit tersaji. Kualitas menyerang kedua tim sudah terbukti dengan skor akhir 4-3 di leg pertama untuk kemenangan City.
 
Susunan pemain kedua kesebelasan:
Man City (4-3-3): 31-Ederson Moraes, 14-Aymeric Laporte, 5-J. Stones, 3-Ruben Dias, 17-K. De Bruyne, 11-O. Zinchenko, 20-Bernardo Silva, 16-Rodri, 47-P. Foden, 26-R. Mahrez, 9-Gabriel Jesus. Pelatih: Pep Guardiola.
 
Real Madrid (4-3-3): 1-T. Courtois, 4-D. Alaba, 2-Carvajal, 23-F. Mendy, 3-Éder Militao, ,10-L. Modric, 8-T. Kroos, 15-F. Valverde, 9-K. Benzema, 20-Vinicius Junior, 21-Rodrygo, Pelatih: C. Ancelotti.
 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif