Momen saat para pemain Barcelona merayakan gol Luis Suarez (tengah) ke gawang Napoli (Foto: 	AFP/Lluis Gene)
Momen saat para pemain Barcelona merayakan gol Luis Suarez (tengah) ke gawang Napoli (Foto: AFP/Lluis Gene)

Leg II Babak 16 Besar Liga Champions 2019--2020

Gasak Napoli, Barcelona Melangkah ke Perempat Final

Olahraga liga champions barcelona napoli
Patrick Pinaria • 09 Agustus 2020 04:55
Barcelona: Barcelona memastikan langkah mereka ke babak perempat final Liga Champions 2019--2020. Kepastian itu didapat El Barca usai menggasak Napoli dengan skor 3-1 pada leg kedua babak 16-besar, Minggu 9 Agustus dini hari WIB.
 
Barcelona cukup direpotkan permainan agresif Napoli pada laga tersebut. Statistik mencatat I Partenopei menciptakan 18 peluang sepanjang pertandingan. Sedangkan Barcelona hanya menciptakan tujuh peluang.
 
Namun, efektivitas Barcelona lebih unggul dari Napoli. Buktinya, tim besutan Quique Setien menghasilkan empat tembakan mengarah ke gawang. Adapun tiga tembakan ke gawang hanya diciptakan Napoli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barcelona bahkan sudah membuka keunggulan terlebih dulu ketika laga baru berjalan sepuluh menit. Gol tersebut dicetak oleh Clement Lenglet. Mendapat umpan Ivan Rakitic dari sepak pojok, Lenglet menyambut bola dengan tandukan yang tak mampu dibendung kiper Napoli David Ospina.
 
Tekanan terus dilancarkan Barcelona. Hanya selang 13 menit, mereka sukses menggandakan keunggulan lewat Lionel Messi.
 
Frenkie de Jong menjadi kreator dari gol tersebut. Ia sukses melepaskan umpan yang berhasil diselesaikan Messi dengan baik.
 
Unggul dua gol tak membuat para pemain Barcelona puas. Mereka terus membombardir pertahanan Napoli. Hingga akhirnya, bek Napoli Kalidou Koulibaly melakukan kesalahan dengan melakukan pelanggaran terhadap Messi di dalam kotak penalti.
 
Wasit pun memberikan kesempatan penalti untuk Barcelona usai meninjau pelanggaran Koulilbaly lewat VAR. Kesempatan mencetak gol tambahan itu pun tak disia-siakan Luis Suarez. Ia yang maju sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan baik usai tembakannya tak bisa dihentikan Ospina.
 
Mental para pemain Napoli tidak lantas mengendur usai kebobolan tiga gol. Mereka mencoba bangkit dan berhasil memperkecil ketinggalan pada masa injury time lewat Lorenzo Insigne.
 
Gol tersebut diciptakan Insigne lewat titik putih. Kesempatan penalti didapat Napoli usai Dries Mertens dijatuhkan oleh gelandang Barcelona Rakitic.
 
Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 3-1 untuk keunggulan Barcelona bertahan.
 
Situasi pertandingan berubah ketika memasuki babak kedua. Permainan kali ini lebih dikuasai Napoli pada momen ini.
 
Bahkan, mereka sudah menciptakan dua peluang dari Koulibaly pada awal babak kedua. Namun, tidak ada satu pun upayanya berbuah maksimal.
 
Napoli nyaris saja memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 andai gol Arkadiusz Milik pada menit ke-81 tidak dianulir wasit. Saat itu, ia sukses melepaskan tandukan ke gawang Barcelona usai mendapat umpan silang dari Insigne. Namun, gol tersebut dianulir karena Milik kedapatan offside terlebih dulu.
 
Napoli terus menekan Barcelona. Namun, upaya mereka belum juga berbuah maksimal. Hingga laga usai, skor 3-1 tidak berubah dan memastikan Barcelona menang dengan agregat 4-2 serta lolos ke perempat final.
 

Susunan pemain:
 
Barcelona: Ter Stegen, Alba, Lenglet, Pique, Semedo, De Jong, Rakitic, Roberto, Griezmann/Monchu (84'), Suarez/Firpo (90+2'), Messi.
 
Napoli: Ospina, Di Lorenzo, Manolas, Koulibaly, Rui, Ruiz/Elmas (79'), Demme/Lobotka (46'), Zielinski/Lozano (70'), Callejon/Politano (70'), Mertens, Insigne/Milik (79').
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif