Momen saat gelandang Olympique Lyonnais Houssem Aouar (kiri) berduel dengan winger Manchester City Raheem Sterling (kanan) (Foto: AFP/Jeff Pachoud)
Momen saat gelandang Olympique Lyonnais Houssem Aouar (kiri) berduel dengan winger Manchester City Raheem Sterling (kanan) (Foto: AFP/Jeff Pachoud)

8 Fakta Menarik Jelang City vs Lyon

Olahraga liga champions manchester city
Patrick Pinaria • 15 Agustus 2020 14:37
Jakarta: Manchester City akan menghadapi lawan tangguh di babak perempat final Liga Champions 2019--2020, Minggu 16 Agustus dini hari WIB. Ketika itu, The Citizens ditantang tim unggulan Prancis, Olympique Lyonnais.
 
Lyon menjadi lawan yang cukup merepotkan City di Liga Champions sejauh ini. Sebelumnya, tim asuhan Josep "Pep" Guardiola sudah bertemu dengan Lyon sebanyak dua kali di babak penyisihan grup pada musim 2018--2019.
 
Dari total pertemuan itu, City tidak mampu meraih kemenangan dari Lyon. Rinciannya adalah Sky Blue menelan sekali kekalahan (1-2) dan sekali hasil imbang (2-2).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Motivasi para pemain Lyon juga sedang tinggi lantaran mereka sukses menyingkirkan Juventus dengan agregat 2-2 pada babak 16-besar. Meski imbang, Les Gones berhak lolos karena unggul gol tandang.
 
City wajib waspada. Namun, bukan berarti mereka tidak punya peluang menang. Kubu Lyon juga wajib waspada karena performa para pemain The Citizens sedang oke. Hal itu sudah dibuktikan ketika mereka berhasil menaklukkan Real Madrid dengan agregat 4-2 di babak 16-besar.
 
Selain catatan di atas, masih ada fakta yang layak Anda ketahui sebelum kedua tim bertanding. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:
 
1. Pertandingan nanti menjadi penampilan kedua City dan Lyon di babak semifinal sepanjang sejarah Liga Champions. Penampilan pertama City di semifinal terjadi pada musim 2015--2016. Sedangkan Lyon tampil perdana di semifinal Liga Champions ketika berduel dengan Bayern Muenchen pada musim 2009--2010.
 
2. City belum pernah disingkirkan oleh tim non-Inggris dalam dua musim terakhir di fase gugur Liga Champions. Sebelumnya, mereka selalu disingkirkan tim-tim Inggris seperti Tottenham Hotspur dan Liverpool. Adapun kekalahan terakhir City melawan tim non Inggris terjadi pada musim 2016--2017. Saat itu, Sky Blue kalah dari AS Monaco dengan agregat 3-5 di babak 16-besar.
 
3. Ini menjadi penampilan kesembilan City di Liga Champions. Mereka juga sudah tampil di tujuh kali berturut-turut di fase gugur Liga Champions.
 
4. City sudah memenangkan tiga pertandingan terakhir di fase gugur Liga Champions.
 
5. City juga sukses meraih kemenangan 14 dari 23 pertandingan di kompetisi Eropa. Sisanya, mereka kalah enam kali dan tiga kali imbang.
 
6. Rekor City melawan klub-klub Prancis tidak terlalu bagus. Rinciannya adalah dua kemenangan, tiga kali imbang, dan dua kali kalah.
 
7. Lyon punya rekor bagus saat bersua dengan tim-tim Liga Primer Inggris. Dalam delapan pertandingan terakhir, Lyon hanya menelan satu kekalahan. Sisanya, Lyon menang empat kali dan tiga kali imbang.
 
8. Rekor Lyon menghadapi tim-tim Inggris di fase gugur tidak terlalu bagus. Catatannya adalah dua kemenangan dan tiga kali kalah.
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif