Momen saat penyerang Real Madrid Karim Benzema (tengah) berduel dengan gelandang Liverpool Jordan Henderson (kanan) pada final Liga Champions 2017/2018 (Foto: AFP/Sergei Supinsky)
Momen saat penyerang Real Madrid Karim Benzema (tengah) berduel dengan gelandang Liverpool Jordan Henderson (kanan) pada final Liga Champions 2017/2018 (Foto: AFP/Sergei Supinsky)

5 Fakta Menarik Jelang Liverpool vs Madrid

Patrick Pinaria • 28 Mei 2022 17:51
Jakarta: Laga final Liga Champions 2021/2022, Minggu, 29 Mei 2022 dini hari WIB, bakal menjadi momen tepat bagi Liverpool untuk balas dendam. Maklum, The Reds pernah menelan kekalahan dari Real Madrid dengan skor 1-3 di final kompetisi yang sama pada empat musim lalu.
 
Namun, bukan tugas mudah untuk Liverpool untuk menuntaskan dendam itu. Mengingat, The Reds punya rekor buruk selama berjumpa dengan Madrid dalam sejarah Liga Champions.
 
Tengok saja dari delapan pertemuan mereka dengan Madrid. Dalam periode tersebut, Liverpool hanya mampu meraih tiga kemenangan. Sisanya mereka menelan kekalahan sebanyak empat kali dan imbang sekali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, dua kemenangan terakhir yang diraih Liverpool terjadi pada 13 tahun silam. Saat itu, The Reds berjumpa dengan Madrid di babak 16-besar. 
 
Pada leg pertama, Liverpool sukses mengalahkan Madrid dengan skor 1-0. Kemudian mereka menghantam Los Blancos dengan skor telak 4-0.
 
Baca: Balas Dendam Bukan Motivasi Utama Liverpool untuk Kalahkan Real Madrid 
 
Namun, situasi sudah banyak berubah sejak itu. Madrid terus memperkuat diri dan justru semakin menunjukkan performa impresif di Liga Champions. Terutama dalam delapan musim terakhir.
 
Dalam periode itu, Madrid sudah mampu meraih empat gelar Liga Champions. Sedangkan Liverpool baru memenangkan satu gelar dalam periode yang sama.
 
Namun, catatan impresif itu tak seharusnya membuat para pemain Madrid jemawa. Mereka tetap harus waspada dengan Liverpool. 
 
Pasalnya, Liverpool sedang dalam performa oke. Terbukti, mereka belum pernah terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir di seluruh kompetisi. 
 
Sebelum menyaksikan keseruan pertandingan final nanti, ada baiknya mengetahui sejumlah fakta Liverpool vs Madrid. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:
 
1. Ini akan menjadi pertemuan kesembilan Liverpool dan Madrid di Liga Champions. Setelah memenangkan tiga pertemuan pertama, The Reds tidak pernah menang lagi dalam lima pertemuan terakhir dengan Madrid.
 
2. Liverpool mengincar gelar ketujuh mereka dalam sejarah liga Champions. Jika berhasil terwujud, mereka akan menyamai koleksi gelar milik AC Milan sebagai tim tersukses kedua di Liga Champions.
 
3. Winger Madrid Vinicius Junior sudah berkontribusi sembilan gol di Liga Champions musim ini. Rinciannya tiga gol dan enam assist. 
 
Jika berhasil menambah kontribusi golnya, ia akan menyamai catatan Lionel Messi sebagai pesepak bola Amerika Selatan di bawah 21 tahun yang berhasil berkontribusi 10 gol dalam satu musim di Liga Champons.
 
4. Dalam empat musim terakhir, Mohamed Salah sudah berkontribusi 44 gol (33 gol dan 11 assist) di Liga Champions. Kontribusi golnya hanya kalah dari Robert Lewandowski (55 gol) dan Kylian Mbappe (47).
 
5. Pelatih Madrid Carlo Ancelotti sudah meraih tiga gelar dari empat final Liga Champions yang dilakoninya. 
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif