Selebrasi para pemain Manchester City usai lolos ke semifinal Liga Champions 2021/2022 (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Selebrasi para pemain Manchester City usai lolos ke semifinal Liga Champions 2021/2022 (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Didominasi Spanyol dan Inggris, Ini 3 Fakta Unik Semifinal Liga Champions 2021/2022

Patrick Pinaria • 14 April 2022 18:38
Jakarta: Babak perempat final Liga Champions 2021/2022 telah rampung digelar. Laga Atletico Madrid vs Manchester City dan Liverpool vs Benfica pada Kamis, 14 April 2022, menandakan berakhirnya babak delapan besar itu.
 
Hasilnya pun menempatkan dua wakil Spanyol dan dua wakil Inggris di babak semifinal. Kedua wakil Spanyol itu, yakni Real Madrid dan Villarreal. Sedangkan dua wakil Inggris adalah Liverpool dan Manchester City.
 
Dengan dibagi ratanya klub Spanyol dan Inggris tampil di semifinal, ada kemungkinan tim satu negara tersebut akan bertemu di babak final. Sayangnya di semifinal, klub asal dua negara tersebut harus bentrok. Jadi peluangnya masih 50:50 untuk terjadi final dari klub satu negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Liga Champions: City ke Semifinal, Klub Inggris dan Spanyol Mendominasi 
 
Semifinal nanti akan menyajikan Manchester City vs Real Madrid serta Villarreal vs Liverpool. City dan Villarreal bertindak sebagai tuan rumah terlebih dulu pada 28 April. Pekan berikutnya pada 5 Mei 2022, gantian Madrid dan Liverpool yang menjadi tuan rumah.
 
Sebelum menyaksikan pertandingannya, ada baiknya mengetahui fakta-fakta mengenai semifinal Liga Champions 2021/2022. Berikut di antaranya yang dihimpun Medcom.id:

1. Bergelimang pelatih berprestasi di Eropa 

Babak semifinal Liga Champions musim ini sangat terasa seru karena kehadiran pelatih-pelatih yang kaya prestasi di kompetisi Eropa. Salah satunya, pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti.
 
Soal pengalaman di Liga Champions, Ancelotti sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia bahkan sudah mengoleksi tiga trofi di kompetisi terakbar di Benua Eropa tersebut. 
 
Didominasi Spanyol dan Inggris, Ini 3 Fakta Unik Semifinal Liga Champions 2021/2022
Carlo Ancelotti (Foto:AFP/Franck Fife)
 
Jumlah trofi tersebut bahkan mengalahkan dua pelatih lainnya yang tampil di semifinal, yakni Pep Guardiola dan Juergen Klopp. Sejauh ini, Guardiola mengoleksi dua trofi Liga Champions. Sedangkan Klopp hanya sekali meraih trofi Liga Champions
 
Sementara itu, ada pula sosok pelatih Villarreal Unai Emery. Meski belum pernah mencicipi trofi Liga Champions, ia setidaknya memiliki prestasi di Liga Europa.
 
Prestasinya pun tak main-main. Di kompetisi tersebut, Emery telah mengoleksi empat trofi. Koleksi trofinya menjadi yang terbanyak di antara pelatih-pelatih lain.

2. Liverpool imbangi rekor Manchester United di semifinal

Didominasi Spanyol dan Inggris, Ini 3 Fakta Unik Semifinal Liga Champions 2021/2022
Skuat Liverpool (Foto: AFP/Paul Ellis)
 
Keberhasilan melaju ke semifinal menambah catatan impresif Liverpool di Liga Champions. Kini, The Reds sudah meraih semifinal sebanyak 12 kali di kompetisi tersebut.
 
Torehan tersebut membuat Liverpool sukses menyamai rekor Manchester United sebagai tim Inggris paling banyak tampil di semifinal Liga Champions. 

3. Guardiola cetak rekor baru di Liga Champion

Didominasi Spanyol dan Inggris, Ini 3 Fakta Unik Semifinal Liga Champions 2021/2022
Pep Guardiola (Foto: AFP/Oscar Del Pozo)
 
Keberhasilan City meraih semifinal Liga Champions menjadi catatan istimewa buat Guardiola. Pelatih asal Spanyol tersebut sudah mencapai semifinal Liga Champions sebanyak sembilan kali.
 
Catatan ini menjadikan Guardiola sebagai pelatih terbanyak mencapai semifinal Liga Champions. Ia berhasil mengungguli rekor Jose Mourinho (8) dan Carlo Ancelotti (8).
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif