Suasana Balapan F1GP di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Suasana Balapan F1GP di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Aturan Baru F1 untuk Atasi Dampak Pandemi Covid-19

Olahraga F1 2020
Kautsar Halim • 28 Mei 2020 11:43
Jakarta: Federasi otomotif internasional (FIA) telah menyetujui usulan pembatasan anggaran tim Formula 1 dan sejumlah paket penghematan tes aerodinamika. Kebijakan itu akan mulai diberlakukan pada musim 2021.
 
Semua tim sepakat menurunkan batas anggaran dari USD175 juta menjadi USD145 juta untuk menyikapi terganggunya kondisi finansial akibat pandemi virus korona. Padahal biasanya, tim papan atas bisa menghabiskan USD200 juta dalam semusim.
 
Kemudian, FIA juga memperkenalkan aturan baru terkait pengembangan aerodinamika. Jadi, tim-tim yang finis lebih rendah di klasemen konstruktor boleh lebih sering melakukan pengujian di terowongan udara untuk mengembangkan mobilnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


CEO McLaren Zak Brown menyambut baik aturan baru tersebut. Menurutnya dengan begitu, tim papan bawah bisa lebih kompetitif dan mendekati persaingan dengan tim papan atas.
 
"Formula 1 menang hari ini. Ini momen sangat penting bagi olahraga kami," kata Brown yang belakangan inivokal menyuarakan penurunan bujet seperti dikutip Reuters.
 
"F1 tidak bisa dilanjutkan sementara waktu, tapi tidak perlu mempertaruhkan masa depan penyelenggaraan serta pesertanya," tambah dia.
 
FIA juga menyepakati aturan pembatasan downforce yang mempengaruhi bagian vital mobil seperti sasis dan suspensi. Dengan begitu, semua tim bakal memangkas lantai mobilnya dan tidak memerlukan ban kompon baru.
 
Aturan baru lainnya mencakup pembatasan upgradepower unit, berat minimal mobil
yang dinaikkan menjadi 749kg dan melarang penonton untuk menyaksikan langsung event F1. (ANT)
 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif