Komisi balap Formula One (F1) tidak melarang para pembalap untuk melakukan strategi tersendiri untuk balapan. Kami hanya fokus di manuver yang dilakukan para pembalap khususnya di zona pengereman. Terlebih untuk mengharga pertemuan para pembalap saat di F1 Austin.
Direksi balap F1 pun melihat data yang ada dari Austin dan di Meksiko ini. Dari data telemetry yang ada ada, benar adanya bahwa mobil nomor 5 (Sebastian Vette) melakukan manuver defensif di zona pengereman.
Kami mendasarkan penjatuhan hukuman dari regulasi balap pasal 27.5 dan melahirkan tiga hal besar yang dilanggar oleh Vettel.
1. Perilaku berkendara yang berpotensi bahaya atau melahirkan risiko besar.
2. Mengganti jalur atau arah yang tidak seperti biasanya.
3. Menyebabkan pembalap lain terlibat di manuver tersebut.
Berdasarkan analisis dari sumber video yang kami kumpulkan, dipadukan dengan data telemetry kedua pembalap, ada manuver yang tidak biasa dilakukan oleh Vettel di tikungan tersebut. Ini dikategorikan sebagai manuver yang melahirkan risiko besar, karena sudah sempat menyenggol ban pembalap lain. Akhirnya mobil nomor 3 (Daniel Ricciardo) harus mengambil jalur yang lebih evasif. Dari ketiga pelanggaran itulah, Vettel terkena pasar 27.5.
Keputusan ini membuat posisi Vettel langsung melorot ke urutan 5, karena hukuman penambahan waktu 10 detik. Padahal Ia sudah sempat berdiri di atas podium. Alhasil ini membuat Ricciardo maju ke urutan finish podium, karena Max Verstappen terkena denda 5 detik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di