Carlos Sainz. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Carlos Sainz. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Alasan Ferrari Pilih Carlos Sainz sebagai Pengganti Vettel

Olahraga F1 2020
Kautsar Halim • 14 Mei 2020 23:57
Jakarta: Teka-teki siapa rekan Charles Leclerc di Ferrari musim depan sudah terjawab. Dia adalah pembalap asal Spanyol yang dua musim belakangan ini membela tim McLaren, yakni Carlos Sainz.
 
Sainz direkrut Ferrari untuk menggantikan Sebastian Vettel yang gagal mencapai kesepakatan menambah masa bakti. Sebagai bukti keseriusan, Ferrari langsung mengikat Sainz dengan kontrak berdurasi dua tahun (2021-2022).
 
Ferrari akan menjadi tim keempat bagi Sainz yang menjalani debut F1 bersama Toro Rosso pada 2015 silam. Meski terbilang buru-buru, perekrutan ini tetap dianggap Ferrari sebagai rencana jangka panjang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala tim Ferrari Mattia Binotto, Sainz sudah cukup matang dengan pengalamannya selama lima tahun sebagai pembalap F1. Dia bahkan yakin Sainz bisa mengembalikan masa-masa kejayaan tim berjuluk Kuda Jingkrak tersebut.
 
"Carlos terbukti sangat bertalenta dan telah menunjukkan punya kemampuan teknis dan atribusi yang tepat untuk menjadi keluarga kami," kata Binotto dalam laman resmi tim, Kamis.
 
Sainz pindah ke McLaren pada 2019 dan kemampuannya masih dilihat sebelah mata. Namun, Sainz membuktikan anggapan itu salah karena dia mampu berada di urutan enam pada klasemen akhir F1GP musim lalu.
 
Berpasangan dengan pebalap muda Inggris, Lando Norris, Sainz membawa McLaren mendominasi persaingan tim papan tengah. Dia membuat McLaren berada di posisi empat klasemen konstruktor dan mampu finis sekali di podium saat melakoni GP Brasil.
 
Di Ferrari, Sainz akan berduet dengan Leclerc yang masih berusia 22 tahun. Menanggapi itu, Binotto menjelaskan bahwa Sainz dan Leclerc sukses memecahkan rekor duet pembalap termuda di timnya dan optimistis bakal mengarungi musim 2021 dengan lebih baik.
 
"Kami yakin dengan pasangan pembalap yang memiliki talenta dan kepribadian seperti Charles dan Carlos (paling muda di lima puluh tahun terakhir Ferrari) akan menjadi kombinasi yang terbaik untuk membantu kami meraih tujuan," pungkas Binotto.
 

 


 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif