Sirkuit Sepang masuk dalam daftar sirkuit terbaik pilihan Fox Sports. Reddit
Sirkuit Sepang masuk dalam daftar sirkuit terbaik pilihan Fox Sports. Reddit

Sirkuit Formula 1

Sepang Masuk dalam Daftar Sirkuit Paling Top di Asia

Olahraga f1 2017
Ahmad Garuda • 04 Januari 2017 15:15
medcom.id, Jakarta: Ajang balap dunia, dewasa ini semakin membutuhkan sirkuit yang mampu mewadahi para pembalap dan penonton, tontonan yang menghibur. Salah satu faktor terpenting adalah sirkuit yang bisa memberikan kenyamanan menonton, balapan yang seru, serta spot-spot bagi pembalap untuk melakukan manuver menyusul.
 
Baru-baru ini Fox Sports merilis data sirkuit-sirkuit yang punya kredibilitas tinggi dalam menyajikan balapan. Mereka memilih 5 sirkuit terbaik di kawasan Asia yang mampu memberikan tontonan seru setiap tahunnya.
 
1. Sirkuit Sepang, Malaysia
Sirkuit ini terletak dekat dengan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan memiliki panjang 5.543 km. Sirkuit ini memiliki fasilitas balapan gokart dan motocross serta memiliki areal menonton yang cukup bagus. Sehingga penonton mampu melihat jalannya balapan dengan baik. Sirkuit ini didesain oleh Hermann Tilke dan mulai digunakan 1999. Beberapa ajang balapan dunia menggunakan sirkuit ini, seperti MotoGP dan Formula One (F1).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Sirkuit Shanghai, Cina
Sirkuit ini memiliki panjang 5,5 km dan punya karakter yang juga cukup disukai para pembalap dunia. Desainernya juga adalah Hermann Tilke dan mulai digunakan sejak 2004 lalu. Rekor Michael Schumacher masih belum pecah di sana dan sirkuit ini masih digunakan untuk balap F1. Tapi MotoGP tak lagi menggunakannya sejak terakhir menggelar balapan di MotoGP Cina 2008.
 
3. Sirkuit Buddh International, India
Sirkuit ini tergolong sirkuit baru yang juga didesain oleh Tilke. Memiliki panjang 5,13 km dan terletak 40 km dari Kota New Delhi yang merupakan bagian dari Jaypee Sports City. Sirkuit ini mulai digunakan di 2011 dan memiliki handicap yang menarik. Sayangnya, F1 tak lagi digelar di sana karena tingginya pajak yang diberlakukan pemerintah di sana. MotoGP juga tak ingin mampir di sana, lantaran diklaim layout-nya tak aman buat balap motor.
 
4. Sirkuit Marina Bay, Singapura
Sirkuit yang terletak di negara kecil yang satu ini, menjadi salah satu yang menarik di gelaran F1 selama ini. Mereka menggelar balapan pada malam hari di tipe sirkuit jalan raya. Nama Tilke masih jadi favorit sebagai desainer sirkuit dengan panjang 5.065 km ini. Keasyikan menontonnya akan terlihat dari gedung-gedung pencakar langit di sekitarnya. Lantaran terangnnya pencahayaan sirkuit kalau malam, membuat F1 Singapura bercahaya dari langit. Sirkuit ini memang hanya digunakan untuk ajang balap F1 dan supporting-nya.
 
5. Sirkuit Suzuka, Jepang
Sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit legendaris di ajang balap dunia. Desainernya adalah John Hugenholtz dan mulai digunakan sejak 1962 dan memiliki panjang lintasan 5,8 km. Senggolan antara Ayrton Senna dan Alain Prost di 1989 adalah momentum yang paling bersejarah di sirkuit ini. Saat ini Suzuka menyelenggarakan banyak balapan level dunia. Tapi MotoGP tak lagi digelar di sana dan memilih lebih Motegi.


Baca juga:
Rio Haryanto Harus Ambil Langkah Taktis
Hamilton jadi Pembalap Paling Mahal di 2016


 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif