Momen kecelakaan Zhou Guanyu di F1GP Inggris. (Ben Stansall / AFP)
Momen kecelakaan Zhou Guanyu di F1GP Inggris. (Ben Stansall / AFP)

Alami Kecelakaan Serius di F1GP Inggris, Zhou Mengaku Diselamatkan Halo

Kautsar Halim • 04 Juli 2022 20:00
Jakarta: Rookie tim Alfa Romeo Zhou Guanyu mengatakan sistem perlindungan kepala atau halo berperan penting menyelamatkan dirinya saat mengalami kecelakaan serius di F1GP Inggris, Minggu 3 Juli. Seperti diketahui, mobil Zhou sempat terbalik sebelum menghantam pagar pembatas Sirkuit Silverstone.
 
Kecelakaan tersebut terjadi tidak lama setelah start dan balapan pun harus dihentikan sementara, menyusul adanya sejumlah insiden kecelakaan beruntun pada lap pembuka. Khawatir dengan kondisi Zhou, para pencinta Formula 1 turut mendoakan dirinya lewat media sosial.
 
"Saya baik-baik saja, semua aman. Halo menyelamatkan saya hari ini. Terima kasih semuanya atas pesan kalian yang hangat," kata Zhou di Twitter setelah menjalani pemeriksaan medis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Halo yang terbuat dari titanium diperkenalkan ke Formula 1 pada 2018. Meski demikian, ada sejumlah pembalap yang tidak menyukai desain pelidung tersebut apabila disematkan di mobil yang pada awalnya memiliki kokpit terbuka.
 
Namun, keputusan pemasangan halo mendapat pujian setelah terbukti menyelamatkan nyawa sejumlah pembalap dalam berbagai kecelakaan serius yang terjadi belakangan ini.
 
Marshal dan kru di lapangan segera mengevakuasi Zhou dari mobilnya yang terbalik dalam kecepatan tinggi, sebelum melintasi gravel dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.
 
Sejumlah foto menunjukkan mobil Zhou bersandar pada sudut di ruang antara pagar dan penghalang dengan halo yang melindungi helm pengemudi. Itu merupakan kali kedua halo menyelamatkan pembalap dari cedera serius.
 
Sebelumnya pada Minggu 2 Juli pagi waktu setempat, terdapat Roy Nissany yang diselamatkan halo saat mobil Dennis Hauger terbang dan mendarat di atas mobilnya dalam balapan Formula 2.
 
Pembalap Williams Alexander Albon yang juga terlibat kecelakaan secara terpisah langsung diterbangkan ke rumah sakit di Coventry dengan helikopter untuk diperiksa.
 
Pembalap Mercedes George Russell keluar dari mobilnya setelah terlibat kecelakaan dengan Zhou dan berlari ke arah mobil rivalnya itu untuk memeriksa sang pembalap Tiongkok.
 
Russell mendapati mobilnya tersenggol Pierre Gasly dari tim Alphatauri sehingga kehilangan kendali dan menyenggol mobil Zhou. Namun, televisi tidak menayangkan siaran ulang kecelakaan itu sebelum Zhou dievakuasi dan dinyatakan sadar. 
 
"Saya dikelilingi mobil-mobil lain dan hal yang saya tahu setelah itu saya tersenggol. Saya berada di samping Zhou dan terjadilah itu," kata Russell dikutip Reuters. (ANT)
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif