F1 2018

Direktur McLaren: Diskusi Peraturan F1 Bisa Bikin "Keributan"

M. Rizky Adhestian 13 Februari 2018 21:03 WIB
f1olah raga
Direktur McLaren: Diskusi Peraturan F1 Bisa Bikin
Direktur McLaren Zak Brown-AFP/Clive Mason
Colorado: Tensi perdebatan terkait masa depan balapan Formula 1 setelah musim 2020, dapat dirasakan pada tahun ini. Direktur Eksekutif McLaren, Zak Brown, memperingatkan bahwa perdebatan ini dapat menjadi "keributan" apabila tidak segera diselesaikan.

Para petinggi tim kontestan tengah terlibat dalam diskusi untuk menentukan aturan dan kebijakan F1 musim 2021. Pemegang saham terbesar, Liberty Media dan Federasi Automobil Internasional (FIA) berencana memperbaiki kualitas olahraga tersebut, dengan menempatkan konfigurasi mesin dan pembagian keuntungan sebagai agenda utama.

Visi masa depan F1 muncul pada akhir musim lalu setelah FIA dan Formula One Grup (FOM), mengajukan proposal revisi untuk pertauran konfigurasi mesin. Namun, skema konfigurasi mesin tersebut banyak menuai kritik dan skeptisisme dari pabrikan seperti Mercedes dan Renault. Bahkan, Ferrari memilih menarik diri, jika ketentuan tersebut bertentangan dengan kebutuhan pabrikannya.

Baca juga: Direktur Aerodinamika McLaren Sambut Baik Pemasangan "Halo"

"Ini (Diskusi) pasti akan menjadi keributan, terkait negosiasi untuk peraturan 2021 dan seterusnya. Saya rasa mereka semua melakukan hal yang benar secara komersil. Peraturan yang akan dibuat adalah untuk 10 tim dan akan menimbulkan paling tidak delapan opini berbeda, jadi itu adalah situasi yang sulit," kata Brown ketika ditanya terkait diskusi tersebut.


"Saya rasa mereka (Liberty Media) harus bertindak cepat senada dengan FIA. Telah banyak pembicaraan soal Liberty. FIA punya pengaruh besar untuk segala yang terjadi pada olahraga ini, sama seperti Liberty. Jadi saya rasa diskusi ini harus seneda antara kedua pihak, bukan hanya Liberty," tambahnya.

Direktur pabrikan asal Inggris itu berharap visi yang jelas untuk musim 2021 dan seterusnya, dapat mencapai kesepakatan selama paruh pertama musim 2018. Hal tersebut menguntungkan para tim agar dapat mempersiapkan segala hal, terutama terkait peraturan baru untuk konfigurasi mesin F1.(Crash)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Atlet Malaysia Puji Kesiapan & Fasilitas Kesiapan Asian Games 2018
 



(RIZ)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360