Guanyu Zhou-Foto AFP
Guanyu Zhou-Foto AFP

Alfa Romeo Incar Pembalap Tiongkok Pertama di F1

Olahraga pembalap f1 alfa romeo
Antara • 17 September 2021 22:21
Jakarta: Tiongkok bisa memiliki pembalap F1 pertama mereka musim depan apabila tim Alfa Romeo memutuskan untuk tidak mempertahankan pembalap Italia Antonio Giovinazzi, demikian Reuters melaporkan, Jumat.
 
Bangku kosong tim asal Swiss itu menjadi satu-satunya yang masih menanti kejelasan, setelah Aston Martin mengonfirmasi jajaran pembalap mereka tahun depan dengan mempertahankan Lance Stroll dan Sebastian Vettel.
 
Salah satu kandidat untuk Alfa Romeo adalah pembalap Tiongkok Guanyu Zhou, yang saat ini menghuni peringkat dua klasemen Formula 2 dan sebagai test driver tim Alpine F1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembalap berusia 22 tahun itu terpaut 15 poin di belakang pembalap Australia Oscar Piastri, yang juga merupakan anggota akademi pembalap Alpine.
 
Zhou, yang dilahirkan di Shanghai, menjadi salah satu favorit yang memiliki dukungan finansial yang cukup besar dari sejumlah sponsor dari Tiongkok.
 
Tiongkok merupakan market yang sedang tumbuh untuk olahraga balap kursi tunggal paling bergengsi itu, bersama dengan Amerika Serikat, dan menggelar Grand Prix pertama mereka di Shanghai pada 2004.
 
Hingga saat ini, belum ada pembalap Tiongkok yang menghiasi grid F1, sedangkan Zhou hanya pernah mengikuti sesi latihan bebas dengan tim Alpine. Pembalap lain, Ma Qing Hua juga pernah tampil di sesi latihan bebas GP China dengan tim Caterham pada 2013.
 
Tim Alpine sendiri tidak menyisakan tempat untuk Zhou karena sudah terisi oleh Fernando Alonso dan Esteban Ocon.
 
Sedangkan Alfa Romeo telah merekrut Valtteri Bottas dari Mercedes untuk menggantikan kompatriot asal Finlandia Kimi Raikkonen yang bakal pensiun akhir musim ini di saat masa depan Giovinazzi belum menemui kejelasan.
 
Giovinazzi merupakan pembalap yang didukung oleh Ferrari, pemasok mesin untuk tim Alfa Romeo, dan satu-satunya pembalap asal Italia di F1.
 
Tim Alfa Romeo memiliki kebebasan memilih pembalap mereka, akan tetapi, pertimbangan komersil juga menjadi perhatian di saat negosiasi dengan Zhou bisa menarik puluhan juta dolar ke tim yang saat ini terpuruk di peringkat sembilan klasemen itu.
 
Video: Atlet Paralimpiade yang Tak Meraih Medali Juga Dapat Bonus dari Pemerintah

 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif