13 Fakta Menarik Menjelang F1GP Jerman
Suasana salah satu seri balapan F1GP 2018. (AFP PHOTO / Andrej ISAKOVIC)
Hockenheim: F1GP Jerman 2018 akan bergulir akhir pekan ini atau tepatnya pada Minggu 22 Juli. Perhelatannya bakal menarik karena belum ada pembalap yang mampu mendominasi puncak klasemen sementara.

Sebastian Vettel memang sedang berada di pucuk klasemen dengan koleksi 171 poin. Namun, ia bisa saja turun tahta apabila finis di bawah urutan kedua dan Lewis Hamilton mampu naik podium utama.

Klik: Di Balik Insiden Bendera Merah Putih saat Lalu Zohri Juara


Selain Hamilton, belum ada pembalap lain yang mampu mengejar Vettel di Sirkuit Hockenheim yang merupakan lokasi penyelenggaraan GP Jerman. Namun, itu tidak akan mengurangi keseruan balapan.

Persaingan di urutan ketiga masih bakal meliputi Kimi Raikkonen, Daniel Ricciardo, Valtteri Bottas dan Max Verstappen. Selain itu, peta persaingan pembalap papan tengah dan papan bawah juga masih menarik untuk disimak.

Berikut 13 fakta menarik menjelang F1GP Jerman:

1. Kemenangan terakhir Lewis Hamilton di Hockenheim tercipta pada 2016. Saat itu, dia mampu memimpin balapan sejak start hingga finis. 

2. Hamilton juga pembalap yang paling sering memimpin di tiap putaran GP Jerman dengan catatan 121 lap. Di bawahnya, ada Fernando Alonso yang pernah memimpin sebanyak 117 lap.

3. Empat podium yang dinaiki Valtteri Bottas sepanjang musim ini hanya karena finis kedua. Satu-satunya podium di Hockenheim dia raih pada 2014, dan itupun karena finis kedua.

4. Selain berada di urutan tiga catatan waktu terbaik seluruh pembalap, Sebastian Vettel juga hanya pernah memimpin GP Jerman sebanyak tiga putaran.

5. Kimi Raikkonen menyambut GP Jerman 2018 setelah kalah bersaing dengan Vettel yang merupakan rekan setimnya dalam sembilan seri belakangan ini.

6. Daniel Ricciardo tidak pernah kalah dari rekan setimnya di Hockenheim. Selain itu, dia juga sedang unggul 7-3 dari Max Verstappen yang menjadi rekan setimnya dalam 10 seri belakangan ini.

Klik: Ratusan Atlet Indonesia Mendapat Vaksin Influenza

7. Sergio Perez mampu finis ke-10 di Silverstone yang merupakan seri sebelumnya. Itu adalah pencapaian serupa dalam dua kali kesempatannya berkompetisi di Hockenheim. Selain itu, Perez juga tidak pernah gagal meraih poin di GP Jerman sejak 2012.

8. Meski tidak pernah absen finis di Hockenheim, Nico Hulkenberg yang merupakan pembalap tuan rumah malah tidak pernah selesai di deretan enam besar. Pencapaian terbaiknya di Jerman hanya finis di urutan tujuh pada musim 2014 dan 2016. 

9. Fernando Alonso dinobatkan sebagai pemilik pole position terbanyak di ajang F1 ketika menyambut GP Jerman 2012. Saat itu, dia masih tergabung dengan tim Ferrari.

10. Alonso juga tergolong sebagai pembalap yang paling sering menang di GP Jerman. Catatannya yang pernah naik podium utama sebanyak tiga kali di sana hanya mampu diimbangi Lewis Hamilton.

11. Kevin Magnussen selalu berhasil meraih poin dalam tiga seri berturut-turut belakangan ini. Itu merupakan pencapaian terbaiknya semenjak musim 2016.

12. Magnussen bersama rekan setimnya di tim Haas, Romain Grosjean, mampu menembus Kualifikasi 3 dalam tiga seri belakangan ini. Tren positif itu tidak pernah ada dalam sejarah tim Haas sebelumnya.

13. Sergey Sirotkin menjadi yang tercepat ketika memainkan feature race GP2 Jerman pada 2016. Kemudian, Hockenheim juga bisa dibilang sebagai sirkuit andalannya ketika mengumpulkan poin di sepanjang karier GP2. Kendati demikian, Sirotkin masih berada di urutan paling buncit di ajang F1GP musim ini.





(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id