Tapi menurut bos motorsport Pirelli, Paul Hembery yang menganggap perubahan regulasi ini juga bisa berdampak buruk jika jarak antara pembalap saat balapan sangat jauh. Artinya takkan ada perubahan yang berarti saat balapan berlangsung, seperti aksi susul-menyusul antar pembalap.
"Saya rasa pembalap bakal menikmati jalannya balapan dengan performa fisik pembalap yang lebih kini lebih diutamakan. Misalnya dengan aksi manuver menyusul bakal lebih seru. Tapi ini hanya akan terjadi jika performa tiap mobil rata-rata sama. Tapi jika performanya beda jauh, maka balapan ini hanya akan jadi proses untuk mempelajari karakteristik mobil masing-masing pembalap dan tim," klaim Hembery.
Ungkapan Hembery ini juga mengisyaratkan permintaan para pembalap akan karakter ban Pirelli yang berbeda. Tahun ini mereka dituntut menyajikan karakter ban yang lebih tahan panas, durabilitas lebih baik hingga konsep ban basah dengan performa terbaik.
"Saat 2011, kami memproduksi ban dengan tingkat degradasi cukup tinggi. Tapi sekarang mereka ingin tingkat degradasi dibuat lebih rendah, sehingga strategi balapan lebih utama dari pada manajemen ban. Tapi kami punya konsep sendiri, kita baru akan tahu apakah yang kami lakukan benar atau salah setelah 4 atau 5 seri berjalan."
Baca juga:
Mercedes GP Hanya Jamin 1 Musim Balap Buat Bottas
Bottas Siap Belajar dari Hamilton
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News