Tim Indonesia memenangkan Piala Thomas (dok. PBSI)
Tim Indonesia memenangkan Piala Thomas (dok. PBSI)

Alasan Merah Putih Tak Berkibar saat Indonesia Juara Piala Thomas 2020

Sri Yanti Nainggolan • 18 Oktober 2021 10:15
Jakarta: Kemenangan Indonesia 3-0 atas China di final Piala Thomas 2020 yang diselenggarakan pada 2021 karena pandemi ini sungguh membanggakan. Sayangnya, Sang Merah Putih tak bisa berkibar di Aarhus, Denmark, saat upacara kemenangan turnamen Piala Thomas 2020. 
 
Ya, bendera logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggantikan Sang Merah Putih bertengger dengan empat bendera negara lain yakni Tiongkok, Jepang, dan Denmark. 
 
Hal itu sebelumnya sudah dipastikan oleh pihak PBSI. Penyebabnya adalah sanksi yang dijatuhi Badan Anti Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia. Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) masih dinyatakan tidak patuh karena gagal menerapkan Kode Anti-Doping WADA 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu untuk upacara pemenang. Info yang saya dapatkan dari Kabid Luar Negeri PP PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi tidak ada bendera Merah Putih tetapi diganti logo PBSI," ucap Kabid Humas dan Media PBSI, Broto Happy dilansir dari Media Indonesia, Senin, 18 Oktober 2021. 
 
Para pebulu tangkis Indonesia mengangkat trofi Piala Thomas 2020 (Foto: AFP/Claus Fisker/Ritzau Scanpix)

Para pebulu tangkis Indonesia mengangkat trofi Piala Thomas 2020 (Foto: AFP/Claus Fisker/Ritzau Scanpix)


Indonesia sejatinya diberi waktu 21 hari untuk mengklarifikasi terkait tuduhan WADA, namun Indonesia telat memberikan klarifikasi. Akibatnya, WADA melayangkan surat ancaman sanksi pada 7 Oktober. 
 
Baca: Piala Thomas Tribut untuk Rakyat Indonesia
 
Adapun sejumlah sanksi yang didapat Indonesia adalah tidak berhak menjadi tuan rumah tingkat benua atau dunia, serta larangan mengibarkan bendera kebangsaan selain di ajang sekelas Olimpiade. 
 
Keberhasilan meraih Piala Thomas 2020 telah mengakhiri penantian panjang Indonesia selama 19 tahun. Terakhir kali, mereka meraih gelar di turnamen tersebut pada 2002.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif