Rionny Mainaky. (Foto: Zam/medcom.id)
Rionny Mainaky. (Foto: Zam/medcom.id)

Arti Penting Turnamen di Thailand Bagi Tim Bulu Tangkis Indonesia

Olahraga bulu tangkis
Kautsar Halim • 05 Januari 2021 22:31
Jakarta: Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Rionny Mainaky menganggap rangkaian turnamen di Thailand sebagai ajang pemanasan bagi tim bulu tangkis Indonesia dalam menyambut berbagai turnamen di 2021, terutama Olimpiade Tokyo. 
 
Menurut Rionny, para pebulu tangkis Tanah Air perlu beradaptasi dengan atmosfer pertandingan karena telah vakum berkompetisi selama sembilan bulan. Oleh karena itu, rangkaian turnamen di Thailand tetap penting untuk diikuti.
 
“Tentu ini tidak mudah karena selama sembilan bulan pemain tidak pernah turun bertanding,” ujar Rionny dalam rilis PBSI, Selasa (5/1/2021).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi tiga turnamen di Thailand itu sangat penting karena juga sebagai bagian untuk menghadapi Olimpiade Tokyo nanti persaingan lebih sulit,” tambahnya.
 
Tiga turnamen yang bakal terselenggara di Thailand adalah YONEX Thailand Open (12-17 Januari), TOYOTA Thailand Open (19-24 Januari) dan BWF World Tour Finals 2020 (27-31 Januari). Khusus BWF World Tour Finals hanya diikuti delapan pemain atau pasangan terbaik.
 
Selain sebagai pemanasan, ketiga turnamen tersebut juga dianggap Rionny bakal membantu dirinya dan jajaran pelatih untuk mengukur kemampuan para pemain setelah sembilan bulan berlatih secara terbatas di Pelatnas Cipayung.
 
“Kita jadi tahu bagaimana kemampuan dan kualitas teknik para pemain kita setelah sembilan bulan hanya berlatih di sini (pelatnas),” ujar Rionny.
 
“Kita juga bisa tahu bagaimana perkembangan lawan. Jadi bisa menjadi bahan evaluasi untuk diperbaiki ke depannya,” tambahnya menutup.
 
Tiga turnamen bertaraf super series BWF di Thailand memang tidak masuk perhitungan poin Olimpiade Tokyo. Namun, tim Indonesia harus bersiap diri untuk mengikuti lanjutan kualifikasi yang akan dibuka dengan Swiss Open pada Maret mendatang. (ANT)
 
 
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif