Debby Susanto. (Foto: AFP/Andy Buchanan)
Debby Susanto. (Foto: AFP/Andy Buchanan)

Debby Susanto dalam Angka

Olahraga bulu tangkis
Alfa Mandalika • 24 Januari 2019 12:02

Debby Susanto sudah memutuskan gantung raket. Kini, dia ingin menghabiskan banyak waktu bersama keluarga.

Jakarta: Pebulu tangkis Debby Susanto memutuskan mundur dari dunia bulu tangkis. Dia mengumumkan hal tersebut di akun instagram pribadinya @debbysusanto.
 
"Selama 17 tahun lebih dari setengah usia saya, saya habiskan dan isi dengan bulu tangkis dengan membawa nama Susanto dan Indonesia. Dalam perjalanan selama 17 tahun banyak suka duka perjuangan keringat dan air mata. Saat itu, saya hanya berfokus pada bulu tangkis bahkan mengesampingkan keluarga dan teman-teman saya," tulis Debby.
 
Pebulu tangkis 29 tahun itu menambahkan, saat ini dirinya ingin memanfaatkan waktu lebih banyak bersama keluarga.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua hal di dunia ini, semua ada waktunya termasuk waktu saya untuk berkarier di dunia bulu tangkis. Dan sekarang saatnya saya melepaskan genggaman raket yang selalu saya pegang dengan erat, melepaskan pegangan raket yang telah membawa saya pada titik saya saat ini. Sekarang saatnya untuk petualangan dan prioritas baru dalam hidup saya yaitu keluarga," sambungnya.
 
Tidak lupa juga, Debby mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kariernya selama ini. Termasuk kepada pelatih Richard Mainaky.

Baca: Debby Susanto Pensiun

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua yang mendukung saya juga keluarga serta suami saya dan juga klub yang telah mendukung karier saya sejak kecil. Untuk semua pelatih saya di ganda campuran terutama kepada kak Richard Mainaky yang telah percaya dan membantu saya mencapai semua hingga saya berada di titik ini sekarang. Terima kasih dan sampai jumpa," tutup Debby.
 
Debby sempat ditempatkan di sektor ganda putri. Seiring berjalannya waktu, Debby dimainkan di sektor ganda campuran. Bersama Praveen Jordan, Debby pernah mencapai ranking dua dunia pada November 2016.
 
Berikut ini fakta Debby Susanto dalam Angka:
 
1 - Di level junior, Debby pernah menjuarai Asia Junior Championships 2007 bersama Richi Puspita Dili.
 
3 - Di pentas SEA Games, Debby tercatat meraih tiga medali dalam tiga perhelatan beruntun sejak 2011 -- 2015. Meraih perunggu di SEA Games 2011 bersama Muhammad Rijal, sukses meraih medali emas di SEA Games 2013 Myanmar, dan kembali mendulang emas di SEA Games Singapura 2015 bersama Praveen Jordan.
 
2 - Di level Asian Games, Debby meraih dua gelar. Pertama, meraih perunggu bersama Praveen Jordan di nomor ganda campuran Asian Games 2014 dan bersama tim putri Asian Games 2018.
 
2- Debby bersama Praveen mampu meraih dua gelar BWF Superseries yakni di Korea Open 2017 dan All England 2016.
 
2 - Debby juga meraih dua gelar di level BWF Grand Prix. Satu gelar bersama Praveen di Syed Modi International dan satu gelar di Chinese Taipei Open 2012 bersama Muhammad Rijal.
 
2017 - Debby Susanto resmi menikah dengan kekasihnya, Haptiyawan Daya. Mereka mengikat janji setia pada Oktober 2017.
 
Video: Jalur Profesional Duet Ahsan/Hendra
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi