Svetlana dan Misha Zilberman (kiri-kanan). (Foto: jpost.com)
Svetlana dan Misha Zilberman (kiri-kanan). (Foto: jpost.com)

Ibu Berusia 60 Tahun Berpasangan dengan Putranya di Piala Sudirman 2019

Olahraga bulu tangkis piala sudirman
Kautsar Halim • 17 Mei 2019 20:30
Nanning: Ada yang menarik dari perhelatan Piala Sudirman 2019 di Nanning, Tiongkok pada Minggu 19 Mei mendatang. Dari seluruh peserta yang berpartisipasi, terdapat ganda campuran yang dimainkan ibu dan anak.
 
Pasangan ganda campuran itu adalah Misha Zilberman (30 tahun) dan Svetlana Zilberman (60 tahun). Mereka bakal tampil membela Israel di Grup 2 B yang diisi juga oleh Jerman, Kanada dan Singapura. Kendati demikian, Misha juga bisa turun di nomor tunggal putra.
 
Seperti dilansir Scroll.in, Misha mengaku terpaksa tampil berpasangan dengan ibunya karena Israel kesulitan meregenarasi atlet bulu tangkis. Jadi, dia kerap kesulitan mencari partner maupun lawan berlatih.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Teman bermain saya (di Israel) hanya atlet junior. Sedikitnya partner yang setara membuat semuanya menjadi sulit. Saya baru bisa berlatih lebih baik ketika bermain ganda campuran dan itu sangat membantu," kata Misha.

Klik:Tim Indonesia Jajal Lapangan di Arena Piala Sudirman


Svetlana selaku ibunya juga tidak keberatan menemani Misha meskipun umurnya tidak muda. Sebab, dia berpengalaman sebagai mantan atlet Uni Soviet yang pernah merebut perunggu European Championships 1986.
 
Selain itu, gara-gara Svetlana dan suaminya juga yang membuat Misha tertarik dengan bulu tangkis. Menurut Wikipedia, Misha diperkenalkan dengan bulu tangkis saat berusia 12 tahun. Lalu, dua tahun kemudian, dia langsung menjadi juara nasional di Israel.
 
Prestasi Misha makin cemerlang dengan menjadi atlet bulu tangkis pertama Israel yang tampil di Olimpiade London (2012) dan Rio de Janeiro (2016). Namun, dia tetap saja kesulitan bersaing dengan para pebulu tangkis papan atas dunia.

Klik:PBSI Minta Doa & Dukungan Masyarakat di Piala Sudirman


Misha sedang bertengger di ranking 43 untuk nomor tunggal putra dan 73 untuk ganda campuran. Beberapa waktu lalu, Misha/Svetlana kalah telak dari Wang Yilyu/Huang Dongping asal Tiongkok pada babak 32 besar India Open. Kemudian, Misha juga kalah dari Kim Bruun di babak pertama Denmark Challenge.
 
Kesulitan bersaing dengan pebulu tangkis papan atas dijelaskan Misha karena minimnya jam terbang. Dia sudah berusaha untuk menambah agenda turnamen tapi kerap terkendala dengan masalah politik yang menimpa Israel dengan negara-negara muslim.
 
"Saya menghadapi masalah ketika turnamen bergulir di Malaysia, Indonesia atau negara-negara Arab. Mereka tidak memberikan visa sehingga kami tidak bisa berkompetisi di sana. Harusnya, politik tidak dicampur-aduk dengan olahraga," tutup Misha.
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif