Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (AFP/Goh Chai Hin)
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (AFP/Goh Chai Hin)

Liliyana Ungkap Periode Tersulitnya Bersama Tontowi

Olahraga bulu tangkis
Gregorius Gelino • 21 Mei 2020 19:00
Jakarta: Selama kurang lebih delapan tahun berpasangan, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir telah melewati masa-masa sulit maupun masa kejayaan. Meski begitu, hubungan Tontowi dan Liliyana tak selamanya mulus.
 
Butet, sapaan akrab Liliyana, bercerita tentang beratnya menyelesaikan ketegangan yang pernah terjadi dengan Owi, sapaan karib Tontowi. Kegagalan total tanpa medali di Olimpiade London 2012 ternyata bukanlah saat terberat bagi mantan penghuni tahta rangking satu dunia tersebut.
 
Tetapi merangkak dari keterpurukan minim gelar di tahun 2015 dan awal 2016 menjadi tantangan terberat bagi Owi/Butet. Bahkan Butet menggambarkan hubungannya dan pasangan mainnya tersebut dengan istilah gersang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Waktu itu ekspektasi orang tinggi, dan kami lagi terpuruk sekali cuma dapat satu gelar juara sebelum olimpiade. Owi nggak marah sih sama saya, saya juga enggak, tapi gimana ya namanya pemain dapat hasil jelek itu situasinya nggak ribut tapi nggak akur juga, susah menjelaskannya. Damai tapi gersang, kayak lagi perang dingin," kenang Liliyana.
 
Bahkan Owi/Butet sempat merasa terintimidasi dengan hasil gemilang yang diraih junior mereka, Praveen Jordan/Debby Susanto di ajang All England 2016, beberapa bulan sebelum Olimpiade.
 
"Waktu itu kami berpikir apa posisi kami sudah terganti ya sama Praveen/Debby? Ya namanya persaingan, akhirnya saya dan Owi sama-sama nurunin ego, saya kontrol emosi, Owi nggak sensitif lagi, begini pun sebetulnya nggak menjamin kami jadi juara, tapi setidaknya kami berdua jauh merasa lebih baik," kata Liliyana.
 
"Pemain ganda itu yang penting komunikasi, jangan saling menyalahkan, wajar kalau orang emosi habis kalah, tapi dikomunikasikan ke pasangan main, tadi apa kurangnya dari kita berdua? Dari saya apa dari dia apa?" lanjut Liliyana.
 
Video: Tontowi Ahmad Pensiun dari Bulu Tangkis
 

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif