Bulu Tangkis Dunia

Terinspirasi Hendra Setiawan, BAM Memanggil Pulang Tan Boon Heong

Krisna Octavianus 15 Februari 2018 10:54 WIB
bulu tangkis
Terinspirasi Hendra Setiawan, BAM Memanggil Pulang Tan Boon Heong
Tan Boon Heong (belakang) saat berpasangan dengan Hendra Setiawan. (Foto: Humas PBSI)
Kuala Lumpur: Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) memanggil kembali pemain veteran, Tan Boon Heong untuk ajang Piala Thomas 2018. BAM berharap Tan Boon Heong bisa memperkuat sektor ganda.

BAM tampaknya terinspirasi langkah Indonesia dengan memasukkan kembali legenda ganda putra, Hendra Setiawan. Nama terakhir saat berpasangan dengan Rian Agung Saputro memberikan poin kemenangan saat Indonesia mengalahkan Tiongkok 3-1 di final Badminton Team Asia Championships (BATC) 2018 pekan lalu.

Menyusul keberhasilan Indonesia, BAM telah memutuskan untuk mengundang Tan Boon Heong masuk skuat tim Piala Thomas Malaysia untuk memperkuat sektor ganda putra yang dirasa masih lemah. Pasalnya, BAM tidak senang dengan penampilan pasangan ganda putra kedua mereka, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi selama BATC 2018.


Tan yang meninggalkan BAM pada 2015, sempet bermitra dengan Hendra Setiawan untuk musim 2017 dan mereka telah mencapai peringkat 23 dunia pada akhir tahun lalu. Pelatih ganda Malaysia, Cheah Soon Kit sudah diperintahkan BAM untuk merayu Tan Boon Heong.

"V Shem/Wee Kiong sudah kami konfirmasi menjadi pasangan nomor 1 kami, tapi saya khawatir dengan ganda kedua kami," kata presiden BAM Norza Zakaria.

"Kami telah menawarkan Boon Heong tempat di skuat Thomas Cup agar kekuatan ganda kami menjadi lebih dalam," tambah Zakaria.

"Saya sudah meminta Soon Kit (pelatih ganda putra Malaysia) untuk mencari pengganti ganda kedua Malaysia (Ong Yew Sin/Teo Ee Yi) jika diperlukan. Kami ingin menjadi tim yang kuat dan tangguh pada turnamen yang akan digelar pada Mei itu," sambungnya.

Pada ajang BATC yang diselenggarakan di Alor Setar, Kedah, pada 6-11 Februari 2018, Malaysia berhasil menjadi semifinalis setelah kalah dari Tiongkok 1-3.

Sekretaris kehormatan BAM, Ng Chin Chai mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap Tan akan kembali berlatih dengan tim nasional paling lambat akhir Februari. Jika Tan tidak bisa melakukannya saat itu, BAM tetap ingin bergabung dengan timnas Malaysia awal Maret.

"Boon Heong adalah pemain ganda putra yang baik. Kami berharap dia bisa bergabung dengan kami untuk Asian Games, Thomas Cup, dan mungkin Olimpiade Tokyo 2020," kata Ng. (badmintonplanet)

 



(KRS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id